Selasa, 20 Juli 2010

Finishing Miniatur Kakbah Dimulai

[ Selasa, 20 Juli 2010 ]
GENDING - Pembangunan wisata religi miniatur Kakbah di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo yang dilakukan secara bertahap sejak 2007 bakal segera tuntas. Selama sepekan ini, proses pembangunan finishingnya sudah mulai dilakukan.

Kepala Dinas PU Cipta Karya Priyono mengatakan, tahun ini merupakan tahap ke-4 dalam pembangunan miniatur Kakbah. "Tahap keempat ini merupakan finishing. Jadi tahun ini bakal rampung secara keseluruhan," katanya.

Proses pembangunan tahap keempat ini direncanakan bakal berlangsung sekitar 4 bulan. "Target kami semuanya rampung pada pertengahan September," jelas Priyono.

Untuk merealisasikan semua rencana itu, pemkab telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 900 juta untuk pembangunan tahap akhir ini. Anggaran itu akan digunakan untuk pembangunan beberapa kelengkapan miniatur Kakbah.

"Rencananya nanti akan ada pembangunan lantai untuk thawaf di sekeliling Kakbahnya. Nanti juga akan ada tempat untuk sa'i (lari-lari kecil) yang akan dibangun di selatan Kakbah agak ke Timur," ujar Priyono.

Selain itu, juga bakal dibangun tempat khusus untuk parkir mobil para pengunjung atau wisatawan. Rencananya, akan ada penanaman beberapa pohon disekitar tempat parkir untuk mereduksi panas yang menyengat.

Diketahui, sesuai master plan pembangunan miniatur Kakbah terdiri dari 4 tahap. Tahap pertama digarap tahun 2007 dengan anggaran sebesar Rp 400 juta. Tahap pertama ini merampungkan pembangunan Kakbah dan urukan di sekitar lokasi miniatur Kakbah.

Lalu, pembangunan tahap kedua pada 2008 yang menghabiskan dana Rp 1,5 Miliar. Pada tahap kedua tersebut, dibangun pagar keliling, rumah jaga (pos), plengsengan dan selokan depan.

Lalu pada tahap ketiga dibangun masjid, toilet, gerbang pintu depan dan parkir yang terbuat dari paving. Total untuk pembangunan tahap ketiga ini anggarannya mencapai Rp 930 juta. Dan pertengahan Juni nanti akan dimulai pembangunan tahap keempat atau finishing.

Meski secara keseluruhan belum rampung proses penggarapannya, namun miniatur Kakbah tersebut sudah beberapa kali digunakan untuk manasik haji KBIH Syech Abdul Qodir Al Jaelani (Saqo) Rangkang Kraksaan. Bahkan Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin sempat hadir dalam manasik haji itu, beberapa hari lalu. (mie/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=170724

Tidak ada komentar:

Posting Komentar