Selasa, 03 Agustus 2010

Rakor Persiapan Pemutakhiran Data Kependudukan Dalam Rangka Program Siak

Senin, 26 Juli 2010

Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Kota Probolinggo menyelenggarakan acara Rakor (Rapat Koordinasi) Persiapan Pemutakhiran Data Kependudukan Dalam Rangka Program SIAK (Sistem Administrasi Kependudukan) Tahun 2010 di Ruang Sabha Bina Praja Kantor Walikota Probolinggo pada hari Jumat (23/7).

Rapat dihadiri sekitar 50 orang undangan, yang dipimpin oleh Sekda Kota Probolinggo, H. Johny Haryanto.

Salah satu materi yang dibahas dalam rapat adalah Tahapan Program Strategis Di Bidang Administrasi Kependudukan. Penjabaran dari tahapan program dibagi dalam 3 tahun kedepan dengan strategi yang diterapkan pertahunnya, sebagai berikut diantaranya, tahun 2010 berisikan Pemutakhiran Data Kependudukan di semua Kab/Kota yang menggunakan Anggaran Dekonsentrasi dan Penerbitan NIK di 329 Kab/Kota (khusus bagi Kab/Kota yang sudah melaksanakan SIK dalam pelayanan). Untuk tahun 2011 berisikan, Penerbitan NIK di 168 Kab/Kota dan Penerapan KTP berbasis NIK secara Nasional (e-KTP) di 197 Kab/Kota. Yang terakhir pada tahun 2012 tentang Penerapan e-KTP di 300 Kab/Kota.

Maksud dan tujuan SIAK adalah menyediakan sistem informasi nasional untuk memfasilitasi pelayanan penerbitan dokumen penduduk atau surat keterangan kependudukan serta pengelolaan data hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil di setiap tingkatan wilayah administrasi pemerintahan dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Sedangkan manfaat yang diberikan oleh SIAK, diantaranya merekam, mengrim, dan mengolah data hasil pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil, menerbitkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Nasional, membangun dan memelihara Bank Data Kependudukan Nasional, dapat menfasilitasi pertukaran data dengan instansi terkait serta menyajikan data dan informasi kependudukan kepada pihak yang berkepentingan.
Last Updated ( Senin, 26 Juli 2010 )

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=314

Tidak ada komentar:

Posting Komentar