Selasa, 03 Agustus 2010

Bentar Jadi Arena Outbound

[ Senin, 02 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO-Selain menjadi tempat rekreasi Pantai Bentar, Gending, Kabupaten Probolinggo kini memiliki fungsi baru. Yakni sebagai tempat menggelar outbound.

Kemarin (1/8), misalnya, pemkab setempat memanfaatkan Pantai Bentar untuk menggelar outbound diklat Pim IV (Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan). Acara yang diikuti oleh 40 peserta PNS pemda tersebut dimulai sekitar pukul 08.00.

Para peserta diklat pun melakukan berbagai macam aktivitas untuk mengasah ketangkasan dan kerjasama tim. Berbagai kegiatan yang diselingi lomba antartim memeriahkan diklat tersebut.

Bambang Sugiono, penanggung jawab pelaksana teknis diklat mengatakan, outbound yang digelar di Pantai Bentar kemarin bukanlah kali pertama. Pada 2006 lalu pihaknya juga sempat menggelar acara di Bentar, Cuma saat itu bukan di pantai bentarnya, tetapi di Pulau Pasir, Gending.

"Kami rasa Pantai Bentar ini sangat representatif untuk menggelar acara-acara outbond. Karena itu, kami memutuskan untuk menggelar outbound diklat kali ini di Bentar," kata Sugiono.

Menurut Sugiono, agenda outbound dalam diklat PIM merupakan salah satu kegiatan untuk menunjang kepemimpinan seseorang. "Usai mendapatkan teori di ruangan tertutup, bakal menjalani praktik di lapangan. Kami berupaya mengintegrasikan kepemimpinan dengan alam terbuka," jelasnya.

Diklat Pim IV sendiri digelar selama 4 minggu. Sebelum outbound, peserta diklat mendapatkan materi dalam ruangan. "Usai outbound, nanti kembali melanjutkan materi diklat di dalam ruangan kembali," jelas Bambang.

Lantaran Pantai Bentar masih aset dari Pemkab Probolinggo, maka untuk menggunakan sebagai outbound, panitia diklat tak perlu merogoh kocek lagi. Meskipun begitu pihak panitia menjelaskan tetap menerapkan simbiosis mutualisme yang sama-sama menguntungkan.

Dalam rangkaian outbound kemarin, peserta outbound juga menggelar penghijauan di beberapa titik Pantai Bentar. "Sehingga saling menguntungkan. Penghijauan itu bakal dirasakan dampaknya beberapa tahun ke depan," kata Dian Cahyo Prabowo, koordinator Pantai Bentar. (mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=173044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar