Rabu, 29 September 2010

Peletakan Batu Pertama Di Rusunawa Brantas

Selasa, 28 September 2010

Walikota Probolinggo, H. M. Buchori dan Wawali, H. Bandyk Soetrisno bersama Wakil Rakyat, Muspida, Pejabat Pemerintah Kota Probolinggo, Kontraktor pelaksana PT. Gariand Niagatama-Jakarta dan Konsultan PT. Graha Sindo Cipta Pratama, kemarin (27/09) bersama-sama menghadiri acara peletakan batu pertama, pembangunan twin blok dua Rusunawa (Rumah Susun Sederhana Sewa). Lokasi rusunawa ini terletak di Jalan Brantas.

Menurut rencana awal, pembangunan rusunawa ini terbagi menjadi 2 lokasi, satu di jalan Brantas, dan satunya lagi berlokasi di daerah Jalan Raden Fatah (Jalur Lingkar Utara). Namun setelah diadakan pengukuran lahan ternyata kurang 10 meter. Lahan yang dibutuhkan untuk satu twin blok rusunawa sekitar panjang 118 meter dan lebar 29 meter. “Sebelumnya memang akan dibangun di dua tempat. Tapi, dalam perjalanannya ternyata tidak memenuhi syarat. Akhirnya dipindah di sini (jalan brantas) dan itupun mendadak. Saya ditelpon waktu sedang ada di Jogjakarta. Dapat laporan via telepon, saya tidak ingin menghambat, dan saya perintahkan dilanjutkan.” Tutur Walikota Probolinggo.

Dalam Laporan Ketua Tim Komunitas Penyiapan Rusunawa, H. Agus Subagyono, Assisten Pemerintahan disebutkan bahwa anggaran pembangunan rusunawa ini berasal dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Dua Rusunawa punya anggaran yang berbeda. Rusunawa Probolinggo I dianggarkan Rp. 12.030.000,- sedangkan Rusunawa Probolinggo II sebesar Rp. 12.901.000,-.

Rusunawa yang diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) dan Buruh Pabrik ini, berjumlah 96 unit, ditambah 2 unit untuk penyandang cacat. Juga disediakan ruang komersial sebanyak 5 unit (musholla, ruang serbaguna, ruang pengelola dan ruang parkir motor). Ukuran hunian type 24 yang didalamnya terdapat ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur kitchen zink, lantai beton, keramik dan area jemur.

Fasilitas yang diperoleh antara lain listrik berdaya 900 watt, PDAM, pembuangan sampah di tiap lantai, tangga utama, tangga darurat, taman (ruang terbuka hijau) dan jalan khusus bagi penyandang cacat. Spesifikasi teknisnya, bangunan ini menggunakan pondasi sumuran, beton precast, keramik putih, kusen aluminium, daun pintu calsiboard, rangka aluminium finish cat. Untuk dinding batako diplester lalu dicat, rangka atap galvalum (baja ringan) dan penutup atap metal roof.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=350&Itemid=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar