Rabu, 29 September 2010

Siapkan Varietas Terbaik

[ Rabu, 29 September 2010 ]
Meski masih 2010, namun Dinas Perkebunan dan Perhutanan (Disbunhut) Kabupaten Probolinggo sudah bersiap-siap menghadapi musim tanam tembakau 2011. hal itu dilakukan agar persiapan tanam lebih sempurna. Terutama dalam hal pemilihan jenis tembakau yang akan dipakai.

Demikian dikatakan Kepala Disbunhut Nanang Trijoko Suhartono. Kepada Radar Bromo, Nanang mengatakan pihaknya sedang merencanakan beberapa persiapan. Yang terdekat, adalah persiapan pemilihan varietas tembakau terbaik. "Jenis ini diproyeksikan untuk 2011," ujar Nanang.

Program ini kata Nanang, dilakukan agar petani bisa memakai tembakau yang cocok dengan tanah mereka. Sebab, di Kabupaten Probolinggo, tidak semua tanah cocok dengan jenis tembakau tertentu. Sehingga jenis yang ditanam pun berbeda-beda. "Sejauh ini ada 5 jenis tembakau yang ditanam di Kabupaten Probolinggo," sebut Nanang.

Menurut Nanang, saat ini pihaknya sedang melakukan uji coba terhadap 5 jenis tembakau itu. Istilahnya kata Nanang, dilakukan pemutihan. Pada saatnya nanti, 5 jenis itu akan dipilih yang terbaik. Kemudian, pihaknya akan mengajukan hal itu kepada Bupati Probolinggo. "Untuk diberi dilisensi dan diberi nama khusus," tutur Nanang.

Mengapa demikian? Sebab hal itu terkait dengan hak kepemilikan tembakau tersebut. Sehingga tembakau yang terpilih nanti bisa ditetapkan sebagai tembakau resmi Kabupaten. "Selain itu, petani juga bisa punya tembakau yang cocok di semua jenis tanah. Tanpa perlu kuatir dengan kualitasnya," pungkas Nanang. (eem/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=181939

Tidak ada komentar:

Posting Komentar