Jumat, 16 Juli 2010

Siapkan Langkah Bangkitkan Koperasi

[ Kamis, 15 Juli 2010 ]
PROBOLINGGO - Selasa (13/7) malam Wali Kota Probolinggo Buchori resmi menyandang predikat sebagai tokoh penggerak koperasi. Predikat itu diberikan di Surabaya oleh Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarif Hasan sebagai penghargaan kepada Wali Kota Buchori karena langkahnya membangkitkan koperasi.

"Penghargaan ini adalah karena semangat membangun koperasi di Jawa Timur khususnya Kota Probolinggo," kata Buchori saat dihubungi Radar Bromo kemarin (14/7).

Buchori menjelaskan, Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi pada 1998-1999. Dalam kondisi seperti itu yang bisa bertahan hanya koperasi. "Itu artinya Indonesia masih punya modal bagaimana melawan ekonomi liberal yang semakin kuat," katanya.

Langkah yang tengah dipersiapkan oleh wali kota yakni memberikan kekuatan modal terhadap koperasi, meningkatkan kualitas SDM (sumber daya manusia) insan koperasi. Selain itu juga membangun kebersamaan untuk sinergitas pemerintah dengan lembaga koperasi.

Wali kota menilai, selama beberapa tahun terakhir ada pergerakan naik terhadap dunia koperasi di Kota Probolinggo. Katanya, tidak ada koperasi yang mati. Yang ada koperasi diam karena tidak bisa berbuat apa-apa akibat keterbatasan modal atau SDM.

"Itu yang harus disentuh. Ibaratnya kalau ada orang duduk, kita bantu agar bisa berdiri. Setelah bisa berdiri, disemangati supaya mau jalan. Sudah jalan, lalu didorong untuk berlari. Kemudian kalau bisa lari diusahakan maraton. Ini adalah kewajiban pemerintah untuk masyarakat adil sejahtera," jelas Buchori.

Apabila ada koperasi yang diam, lanjut wali kota, harus dicari apa permasalahan dan bagaimana solusinya. Menurutnya ada beberapa hal yang membuat koperasi diam, yaitu permasalahan permodalan, kepengurusan pasif (tidak nyambung antara pengelola dan anggota) atau keterbatasan SDM.

"Bapak Menteri (Syarif Hasan) juga mengatakan waktu sambutan, meminta pihak perbankan mau membantu koperasi. Tahun 2011 mendatang, koperasi akan menjadi salah satu program prioritas saya untuk menjalankan tiga langkah yang saya katakan tadi. Selama ini pemkot sudah memberikan perhatian kepada koperasi, hanya saja belum maksimal betul," ungkap Buchori. (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=169893

Tidak ada komentar:

Posting Komentar