Kamis, 22 Juli 2010

Pasar Rakyat Dibuka

[ Kamis, 22 Juli 2010 ]
KRAKSAAN - Suasana Alun-alun Kraksaan, Kabupaten Probolinggo mulai Rabu (21/7) sampai Minggu (25/7) bakal selalu ramai. Sebab di tempat itu sedang dibuka pasar rakyat, hasil kerjasama Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah bekerja dengan Dekopinda setempat.

Kemarin sekitar pukul 12.30 WIB, secara resmi pasar rakyat itu dibuka Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Sebelum peresmian, para undangan yang hadir disuguhi penampilan 10 kelompok drum band di bawah binaan Pengkab Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Probolinggo. Grup drum band dari SDN Talkandang, Kotannyar membuka acara dengan menampilkan beberapa atraksi menghibur.

Acara lantas dilanjutkan dengan seremoni pembukaan. Bupati Hasan dalam sambutannya mengatakan, pasar rakyat tersebut diadakan pada momen yang sangat tepat. Sebab, digelar hanya beberapa saat sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

"Tetapi ingat, belanjalah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing. Pasar rakyat ini bertujuan untuk mengingatkan dan mendidik masyarakat supaya tidak berlebih-lebihan dalam berbelanja," ujar Hasan.

Selain itu, pasar rakyat juga dibuka untuk memperingati hari ulang tahun ke-63 koperasi. Karena itu, pasar rakyat menurut Hasan juga sebagai kepedulian pemkab untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat terhadap kebutuhan bahan pokok. "Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan pasar rakyat ini dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan bahan pokok," lanjutnya.

Dikatakan Hasan, menyambut bulan suci Ramadan mendatang pemkab juga bakal kembali melakukan aneka kegiatan. Di antaranya, lomba memasak yang akan digelar TP. PKK. Rencananya kegiatan itu bakal digelar di obyek wisata pantai Bentar.

"Hasil dari masakan ini nantinya akan dibagikan kepada anak-anak yatim dan janda-janda tua untuk buka bersama. Dalam bulan suci Ramadan nanti kami ingin berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu," kata Hasan.

Usai acara seremoni, Hasan bersama beberapa pejabat meninjau stan yang ada di pasar rakyat untuk melihat produk-produk yang dipasarkan. Kegiatan pasar rakyat ini diikuti oleh 60 stan. Rinciannya, 19 stan dari para pengusaha, 31 stan dari koperasi dan 20 stan dari UKM.

Stan-stan tersebut memamerkan produk-produk unggulan masing-masing. Mulai kerajinan tangan, pakaian, makanan olahan, hingga hasil produksi perusahaan. Selain diikuti oleh peserta lokal, pasar rakyat ini juga diikuti oleh beberapa daerah yang tergabung dalam Jaringan Usaha Koperasi (JUK). Seperti Malang, Jember, Sampang, Kota Probolinggo, Gresik dan Pamekasan.

"Saya berharap pasar rakyat ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo. Melalui kegiatan ini, kami akan tahu potensi produk unggulan dari dalam maupun luar Kabupaten Probolinggo," ungkap Hasan ketika ditemui di sela-sela kunjungannya. (mie/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=171119

Tidak ada komentar:

Posting Komentar