Jumat, 17 September 2010

Bagi Stiker, Dicuekin

[ Jum'at, 17 September 2010 ]

PROBOLINGGO - Puluhan murid SDN Mangunharjo 6 Kota Probolinggo kemarin (16/9) menggelar kampanye lingkungan memperingati hari ozon sedunia. Aksi dilakukan di tiga titik traffic light. Di masing-masing titik para murid membagikan stiker dan air mineral keapada pengguna jalan.

"Ini kami sedang bagi-bagi stiker memperingati hari ozon," tutur seorang murid perempuan sambil menyodorkan stiker ke salah seorang pengguna jalan. Tapi, tak semua pengendara menyambut ramah aksi itu. Ada juga yang cuek.

Yang cuek itu di antaranya adalah pengendara sebuah mobil Kijang warna merah. Mobil itu diisi cukup banyak orang. Saat didekati seorang murid SDN Mangunharjo

Mobil Kijang merah yang dikendarai banyak orang di dalamnya itu bergeming. Tak seorang pun buka kaca. Setelah cukup lama, baru ada seseorang di belakang kemudia membuka kaca dan menerima stiker plus air mineral dari murid SDN Mangunharjo.

Pemandangan seperti itu tidak hanya sekali terlihat. Tapi sampai berkali-kali.

Sampai-sampai Kepala SD Mangunharjo 6 Agus Lithanta pun ikut mendekat dan memberi pengertian pada sopir berkumis itu. "Kami sedang bagi stiker untuk peringati hari ozon, Pak. Iklim sudah berubah," tutur Agus.

"Kerusakan atau menipisnya laposan ozon di atmosfir adalah awal dari kehancuran peradaban manusia. Iklim sekarang sudah berubah. Musim hujan sudah tidak cocok. Ini merupakan fenomena alam. Oleh karena itu kami mengimbau agar mulai hari ini (kemarin) hemat energi, BBM (bahan bakar minyak) dan gerakan menanam pohon karena pohon menyerap karbondioksida," jelas Agus. (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=179542

Tidak ada komentar:

Posting Komentar