Jumat, 17 September 2010

Arus Lalin Kembali Normal

[ Jum'at, 17 September 2010 ]

TONGAS - Suasana arus balik di jalur Probolinggo sudah menyurut. Kondisi lalu lintas di wilayah Tongas Kabupaten Probolinggo, yang pada H+2 dan H+3 lalu sering macet, kemarin (16/9) tampak normal seperti sedia kala.

"Hari ini (kemarin) kondisi arus lalu lintas normal," terang Iptu Suwarta, KBO Lantas Polres Probolinggo ketika ditemui Radar Bromo di Pospam Tongas.

Para pemudik memang masih terlihat melintasi jalur perbatasan Probolinggo dan Pasuruan itu, namun jumlahnya tidak banyak. Hanya beberapa kendaraan pemudik terlihat melintasi jalur tersebut.

Dari pantuan petugas di Pospam, kendaraan yang melintas dari pukul 09.00 terlihat lancar dan terkendali.Dari data yang diperoleh Radar Bromo, kendaraan R4 (roda empat) mendominasi dengan jumlah 1.456 mobil, disusul kendaraan roda dua (R2) 1.232 motor. Terakhir adalah kendaraan roda enam (R6), seperti bus dan truk dengan jumlah 98 kendaraan.

Untuk arus yang mendominasi, tidak lagi dari arah timur seperti yang terjadi di H+2 dan H+3. Saat ini dari kedua arah, kendaraan terlihat imbang." Kondisi imbang, baik dari arah barat maupun timur," jelas Iptu Suwarta.

Meski arus lalu lintas sudah mulai normal, namun polisi tidak tetap bertugas. "Diprediksi akan terjadi kepadatan lagi," terang KBO Lantas. Dari prediksi itu, Satlantas Probolinggo menambah jadwal Pospam hingga hari Minggu lusa.

"Ditambah satu hari," terang Iptu Suwarta. Alasanya, pada H+2 yang lalu merupakan waktu selesainya liburan para pegawai. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu (17-18), waktu berkhirnya liburan para pelajar.

Walaupun itu baru kemungkinan, tetapi pihak kepolisian akan tetap mewaspadai kemungkinan terjadinya kepadatan di jalur mudik. "Tetap diantisipasi, kemungkinan terjadinya kemacetan," jelas Iptu Suwarta.

Untuk pengamanan, pihaknya tealah menyiapkan beberapa personel di beberapa titik kemacetan. Mulai dari perlintasn rel KA Tongas, RM Rawon Nguling serta depan Pasar Nguling. (d7x/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=179543

Tidak ada komentar:

Posting Komentar