Kamis, 03 Juni 2010

Lusa, Pengumuman Unas Ulangan

[ Kamis, 03 Juni 2010 ]

PROBOLINGGO-Hasil unas ulangan tingkat SMA rencananya bakal diumumkan Sabtu (5/6) lusa. Jadwal itu seminggu lebih cepat dari kabar sebelumnya yang menyatakan hasil unas ulangan bakal dilaksanakan pada 12 Juni nanti.

"Ada kemungkinan dimajukan Sabtu (5/6)," ujar Sukardi Kabid Pendidikan Menengah Dispendik Kota Probolinggo.

Diketahui sebelumnya, di Kota Probolinggo ada 147 siswa yang tidak lulus unas utama. Dari jumlah itu, 46 orang akhirnya mengikuti unas ulangan pada 10 Mei.

Mekanisme pelaksanaan ujian ulangan itu sama persis dengan unas utama. Misalnya, soal yang disajikan juga ada soal A dan soal B. Ada pengawas ruangan, tim pengawas independent (TPI) dan dijaga aparat kepolisian. Tapi, siswa hanya mengikuti ulangan pada mata pelajaran yang gagal saja.

Nah, berkaitan dengan unas ulangan itu, hari ini (3/6) Dispendik kota diundang oleh Dispendik Jawa Timur. Adanya undangan itu, kemungkinan besar berkaitan dengan pengumuman hasil unas ulangan untuk tingkat SMA. "Undangannya besok (hari ini, red) pukul 13.00. Itu terkait dengan pengumuman hasil unas ulangan untuk tingkat SMA, MA dan SMK," jelas Sukardi.

Menurut Sukardi, dimajukannya pengumuman hasil unas itu ada beberapa kemungkinan. Selain karena memang sudah selesai, pemerintah ingin memberi kesempatan lebih panjang kepada para peserta untuk mempersiapkan diri mendaftar di perguruan tinggi negeri (PTN). "Itu bisa jadi, supaya bisa mendaftar di perguruan tinggi negeri," ujarnya.

Kalaupun tidak dimajukan waktu pengumumannya, sebenarnya para siswa itu masih punya kesempatan untuk mendaftar di PTN. Tapi, diperkirakan waktunya akan mepet. Sehingga, dikhawatirkan para siswa itu kurang persiapan. "Kalau dimajukan pengumumannya, mereka punya kesempatan lebih panjang," jelasnya.

Sukardi mengaku, meski hasilnya sudah akan diumumkan pada Sabtu. Sampai saat ini, pihaknya masih belum mengetahui seberapa banyak muridnya yang tidak lulus. Baik tingkat kota maupun tingkat provinsi. "Kami masih belum tahu, rapatnya saja baru besok (hari ini). Mudah-mudahan lulus semua," ujarnya. (rud/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=162083

Tidak ada komentar:

Posting Komentar