Kamis, 23 September 2010

Doa Bersama, Minta Selamatkan Tembakau

[ Kamis, 23 September 2010 ]
PAJARAKAN - Keresahan yang melanda petani Tembakau rupanya mendapatkan simpati dari para santri Ponpes Zainul Hasan (Zaha) Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Mereka pun menggelar doa bersama beserta sejumlah masyarakat sekitar Kemarin (22/9).

Sekitar pukul 16.30 WIB, acara dimuali di Masjid Al-Barokah, masih di lingkungan ponpes tersebut. Doa dipimpin KH Bahrul Ulum, pengasuh Ponpes Ainul Hasan, Desa Wonorejo, Kecamatan Maron. Hadir pula Gus Mohammad Haris, putra Hj Diana Susilowati, salahs atu pengasuh Ponpes Zaha Genggong.

Mengawali acara, Gus Haris memberikan sambutan. Dia mengatakan, doa itu diperuntukkan bagi petani Tembakau di kabupaten yang sedang resah karena cuaca tak menentu. "Hujan merugikan petani Tembakau," ujarnya.

Gus Haris pun mengaku khawatir dengan mental para petani. Sebabnya, petani menjadi putus asa saat mengalami kerugian. Seperti yang sering terjadi di tahun-tahun sebelumnya. "Bahkan dulu ada petani yang bunuh diri dengan minum obat hingga overdosis," katanya.

Mengacu pada kondisi itu Gus Haris menilai, petani akan semakin resah jika kondisi alam tak berubah. Tidak menutup kemungkinan, hal yang tak diinginkan akan terjadi. Karena itu Gus Haris berharap, petani Tembakau tetap sadar dengan kondisi alam itu. "Sepenuhnya adalah wewenang Allah SWT," sebutnya.

Namun, manusia menurutnya harus tetap berusaha. Salah satunya, memohon pada Allah melalui doa bersama. Tujuannya agar Tembakau di Kabupaten Probolingo bisa terselamatkan dari kerusakan. Selain itu juga agar petani bisa menikmati hasil dari tanamannya. "Agar semua pihak bisa tersenyum," katanya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan doa bersama. Hingga berita ini diturunkan, doa bersama masih berlangsung. Dikonfirmasi via telpon, Gus Haris berharap doa tersebut setidaknya bisa mengurangi beban petani Tembakau. "Kami harapkan hasil terbaik untuk petani Tembakau. Tembakau merupakan isu panas saat ini," pungkasnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=180586

Tidak ada komentar:

Posting Komentar