Kamis, 23 September 2010

BK Keluar Kota Lagi

[ Kamis, 23 September 2010 ]
Bareng Banleg, Kini Bimtek ke Malang

PROBOLINGGO - Setelah lebaran, sebagian kekuatan DPRD Kabupaten Probolinggo cukup getol bepergian keluar kota. Setelah agenda kunjungan kerja (kunker) ke Lombok Barat, beberapa hari terakhir (20-22/9) ada lagi unsur di dewan yang keluar kota lagi.

Kali ini yang keluar kota adalan unsur Badan Legislasi (Banleg) dan lagi-lagi Badan Kehormatan. Mereka ke Kota Malang untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek).

Para wakil rakyat yang mengikuti bimtek ini berangkat kantor DPRD pada Senin (20/9) lalu. Mereka tampaknya berangkat tidak dalam waktu yang sama. Ketua Banleg Slamet Riyadi sendiri berangkat sekitar pukul 09.30 WIB dari kantor dewan.

Selama di Kota Malang, anggota Banleg dan BK ini menginap di hotel Ollino. Dan di tempat ini pula dua alat kelengkapan dewan ini mengikuti bimtek, meski jadwal pelaksanaanya tidak sama. "Bimteknya di tempat yang sama, tapi waktunya berbeda," kata Ketua Banleg Slamet Riyadi saat dikonfirmasi melalui ponselnya kemarin.

Menurutnya, bimtek ini dilakukan karena Banleg merupakan alat kelengkapan yang baru. Karenanya banyak hal terkait dengan legislasi yang belum diketahui. Dengan bimtek diharapkan kapasitas SDM anggota Banleg bisa meningkat. Mengingat tak lama lagi bakal membahas enam raperda yang diajukan eksekutif.

Anggota dewan asal Liprak Kulon ini kemudian membeber materi yang didapat selema berada di Malang. Diantaranya yakni tentang teknis legal drafting. Pada materi ini, dijelaskan beberapa tahapan penerbitan perda di suatu daerah serta hakikat dan fungsi perda.

Dikatakan Slamet, yang mebawakan materi untuk Banleg ini yakni Eduardus sebagai Ketua Pusat Pengkajian Konstitusi Universitas Merdeka (UNMER) Malang. "Kalau Banleg selama dua hari didampingi pak Eduardus," ujar Slamet.

Bagaimana dengan BK? Ketua BK Musayyib Nahrawi mengatakan sebagai upaya meningkatkan kapasitas anggota BK. "Biar tidak tinggal namanya saja, biar tahu tupoksinya," ujarnya saat dihubungi melalui ponselnya. Karena tidak dipungkiri, terangnya, banyak anggota dewan yang masih baru.

Selain anggota Banleg dan BK, Ketua Dewan Ahmad Badawi juga berada di Malang. Saat dihubungi, pria yang biasa dipanggil Memed ini mengatakan dirinya berada di Malang. Menurutnya, keberadaannya di Malang hanya memantau Bimtek dari Banleg dan BK saja. "Untuk masalah Bimtek, tanya ketuanya saja, pak Slamet dan Musayyib kalau di BK," ujarnya.

Soal biaya pelaksanaan Bimtek selama dua hari di Malang, Sekretaris Dewan Rasyid Subagyo mengatakan hanya sedikit. Menurutnya memang ada kas untuk peningkatan kapasitas yang belum pernah diadakan. (qb/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=180593

Tidak ada komentar:

Posting Komentar