Selasa, 24 Agustus 2010

Sidak Mamin, DPRD Iris Daging di Giant

Selasa, 24 Agustus 2010 | 10:59 WIB

PROBOLINGGO - Tengara adanya makanan dan minuman (mamin) bermasalah di Probolinggo menjelang Lebaran ternyata benar. Komisi A DPRD Kota Probolinggo dalam inspeksi mendadak (sidak)-nya, Senin (23/8), menemukan sejumlah mamin bermasalah.

Sidak diikuti instansi terkait seperti Dinkes, Diskoperindag, dan Satpol PP. Bahkan LSM Lembaga Perlindungan Konsumen (LPK) Kota Probolinggo mengerahkan sejumlah personelnya dalam sidak Senin (23/8) siang itu.

Saat sidak di pusat penjualan oleh-oleh di Kel Ketapang, Kec Kademangan, misalnya, ditemukan sejumlah mamin tanpa label kadaluwarsa. Makanan ringan seperti kerupuk beragam jenis dan merek tanpa ditempeli tanggal kadaluwarsa. “Mungkin kalau sudah melempem, dianggap kadaluwarsa,” ujar Ketua Komisi A DPRD As’ad Anshari.

Selain itu juga ditemukan makanan yang expired date-nya sudah lewat alias kadaluwarsa. “Juga ada minuman kaleng yang kalengnya penyok,” ujarnya.

Politisi PKNU itu meminta Diskoperindag dan Dinkes membina para pedagang di sentra oleh-oleh di Ketapang. Soalnya kawasan simpang tiga menuju Situbondo, Surabaya, Gunung Bromo, itu menjadi sasaran penglaju (warga bepergian) yang ingin membeli mamin.

Saat sidak di Giant hypermarket, Komisi A DPRD langsung tertuju pada tumpukan parsel Lebaran yang diletakkan di selasar pusat perbelanjaan di Jl Soekarno-Hatta itu. Kepada pengelola Giant, Agus Soedarjono, As’ad meminta izin membongkar bungkusan parsel.

Satu per satu barang di dalam parsel diteliti. ’’Tolong parsel diberi label, pihak mana yang memproduksi. Dalam hal ini tentu saja produksi Giant,” ujar As’ad.

Label tersebut untuk melindungi konsumen agar menerima barang bermutu. ’’Sehingga kalau misalnya ada barang dalam parsel yang kadaluwarsa, penerima parsel bisa meminta pertanggungjawaban pembuat parsel,” ujarnya.

Sejumlah anggota Komisi A DPRD juga mencermati daging sapi yang dijual di Giant. ’’Kami menjual daging sapi impor segar. Kami simpan tidak lebih dari dua hari,” ujar seorang karyawan Giant.

Sugiono, anggota Komisi A, kemudian meminta izin mengiris hati sapi. “Untuk diperiksa di laboratorium,” ujarnya.

Komisi A DPRD juga mendatangi Rumah Makan Sumber Hidup di Jl. Panglima Sudirman. Di rumah makan yang berdekatan dengan kantor Walikota Probolinggo itu, As’ad menanyakan kehalalan makanan yang disajikan.

Bahkan sejumlah anggota Komisi A DPRD pun sampai blusukan ke dapur rumah makan itu. “Jadi di sini juga memasak dan menyajikan makanan dari daging babi?” ujar As’ad.

Salah seorang koki mengangguk. As’ad kemudian menanyakan bagaimana para koki mengolah daging babi. “Untuk pengolahan daging babi, wajan, sutil, hingga pisau kami sendirikan, tidak dicampur dengan masakan yang lain,” ujar seorang koki.

Termasuk asal-usul ayam potong di rumah makan tersebut juga disentil As’ad. “Kami membeli ayam yang sudah dipotong dari pemotongan ayam milik Haji Rudi,” ujar seorang koki.

As’ad menegaskan, blusukan ke dapur rumah makan itu bukan karena didasari perasaan curiga. “Ini penting untuk memberikan jaminan halal bagi konsumen muslim,” ujarnya.isa

Sumber: http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=8d806bbec8ab9ba5235e121c05e3154a&jenis=1679091c5a880faf6fb5e6087eb1b2dc

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus