Selasa, 24 Agustus 2010

Banyak Kemudahan

Selasa, 24 Agustus 2010 ]

Ramadan benar-benar membawa berkah bagi semua kalangan. Salah satunya pedagang, mulai pedagang makanan maupun kebutuhan hidup yang lain. Seperti yang dialami Kelompok Usaha Bersama (KUB) Mina Melati, Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Ketua KUB Mina Melati Suharti mengatakan, Ramadan memberi kemudahan bagi anggotanya untuk mengembangkan usaha masing-masing. Yakni dengan membuka stand untuk menjual takjil Ramadan di sebelah Timur Alun-alun Kraksaan. "Banyak yang bisa dilakukan selama Ramadan ini. Anggota kami juga bisa menambah penghasilan," kata Suharti.

Menurut Suharti, KUB memiliki tujuh unit kerja. Yakni unit produk dendeng ikan laut, abon ikan tongkol, bandeng presto, krupuk ikan tenggiri, bahan baku dapur dan kunyit asam. Sementara produk unggulan yang dihasilkan KUB, yakni Matorama. "Kepanjangan dari manisan tomat rasa kurma. Sudah tiga tahun Matorama menjadi makanan olahan andalan. Terutama di bulan Ramadan," ujarnya.

Sejauh ini kata Suharti, KUB memiliki anggota 41 orang. Melonjak cukup banyak dari sebelumnya yang hanya 15 orang. Seiring kesuksesan KUB dalam mengembangkan usaha, banyak anggota mulai bergabung. "Ini buah kesuksesan selama bertahun-tahun," sebutnya.

Dia mengatakan, ide pengembangan matorama itu berawal dari coba-coba saja. "Awalnya hanya mencoba 5 kilogram. Ternyata kok laris. Akhirnya saya perbanyak membuatnya. Ternyata ide ini juga diadopsi anggota lain. Sehingga sekarang banyak pembuatnya juga, meski masih terbatas," terangnya.

Tak lupa, Suharti berharap partisipasi KUB semakin berkembang. Apalagi setelah mendapat bantuan modal dari pemerintah melalui koperasi wanita. Hal itu membuat produk KUB semakin bertambah. Tak hanya enam produk saja yang dibuat. "Sekarang hampir setiap anggota memiliki produk kreatif," pungkas Suharti. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=176205

Tidak ada komentar:

Posting Komentar