Jumat, 06 Agustus 2010

Manasik CJH Kota

[ Kamis, 05 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO - Para calon jamaah haji (CJH) Kota Probolinggo mulai bersiap. Kemarin (4/8) mereka melakukan manasik di lapangan SMKN 2. Dari 219 orang CJH kota, yang ikut manasik hanya 170 orang.

Manasik tersebut digelar mulai sekitar pukul 08.00. Lapangan sekolah yang berlokasi di Jl Mastrip itu sudah disulap menjadi tempat manasik haji. Ada miniatur kakbah juga.

Para CJH dibagi menjadi lima kelompok. Masing-masing kelompok dipimpin seorang koordinator. Dari musala sekolah, mereka kemudian berjalan kaki ke lapangan sambil menyeru, "Labbaik allahumma labbaik... Labbaika lasarikalaka labbaik..."

Sampai di lapangan yang diibaratkan sebagai Makkah, para CJH mendekati miniature kakbah. "Kita sudah sampai di Kota Makkah, mari kita membaca doa memasuki kota Makkah," ujar salah seorang koordinator.

Rukun-rukun haji kemudian diperagakan. Tawaf, sa'i dan jumrah. "Kalau tidak bisa mencium hajar aswad, tidak usah mencium, tidak apa-apa. Cukup melambaikan tangan, sama saja," ujar sang coordinator.

Instruksi itu diikuti CJH. Mereka hanya melambaikan tangan dan melakukan kiss bye. "Teringat masih muda, saat masih pacaran dulu," ujar salah seorang CHJ.

Kepala TU Kantor Kementrian Agama (Kemenang) Kota Probolinggo Taufiq dan Kasi Haji dan Umrah Zulaikha saat itu juga terlihat mendampingi manasik para CJH. Mereka juga ikut melakukan tawaf, sa'i dan kegiatan lainnya bersama para jamaah.

"Sampai di sini (hijir Ismail) nanti bisa salat di situ, bila ada kesempatan. Salat di situ, pahalanya sama dengan salat di dalam kakbah," jelas Zulaikha. Mendengar itu, para CJH pun manggut-manggut.

"Tapi, itu tidak mudah. Karena semua jamaah menginginkan itu (salat di hijir Ismail, red). Untuk memudahkan itu, tergantung amal jenengan semua. jadi, jangan mudah marah dan harus ikhlas," lanjutnya.

Sekitar pukul 11.30, acara manasik usai. "Tidak dipraktikkan semua, seperti tawaf yang mestinya 7 kali putaran. Hanya dilakukan 3 sampai 4 putaran. Kalau dipraktikkan semua, kemungkinan pukul 13.00 baru selesai," jelas Taufiq.

Menurut Taufiq, sebenarnya CJH kota yang diperkirakan berangkat tahun ini diperkirakan 219 orang. Tapi, pada gelaran manasik kemarin yang hadir hanya sekitar 170 orang. "Sekitar 10 persen yang tidak hadir," terangnya. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=173504

Tidak ada komentar:

Posting Komentar