Sabtu, 22 Mei 2010

Teatrikal Peringati Harkitnas

[ Jum'at, 21 Mei 2010 ]

PROBOLINGGO - Siswa SDN Sumberwetan 2 Kota Probolinggo punya cara berbeda memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei, kemarin. Mereka membuat sebuah aksi teatrikal bangkitnya semangat pendidikan dalam Harkitnas.

Teatrikal yang melibatkan 40 siswa mulai kelas 3, 4 dan 5 itu berlangsung singkat. Aksi itu menceritakan tentang anjal nusantara, anak-anak jalanan yang ada di Indonesia, yang mayoritas dari mereka lebih asyik mencari duit dengan berjualan atau mengamen dari pada mendapat pendidikan yang layak.

Anjal bukanlah sebuah pilihan. Tetapi anjal merupakan sebuah keterpaksaan untuk menjalani hidup. Sebenarnya, tidak sedikit anjal yang ingin bersekolah dan mengenyam pendidikan. Bercerita tentang itulah, teaterikal itu dibuat untuk membangkitkan semangat pendidikan anjal.

Puluhan anak yang berperan sebagai anjal sibuk dengan aktivitasnya. Ada yang hanya bermain-main, mengamen hingga berjualan. Sampai muncul sebuah kebaikan yang mengajak mereka bersekolah. Ajakan itu tidak serta merta diikuti oleh anjal nusantara.

Beberapa anak yang tidak suka dengan ajakan itu saling memengaruhi. Tapi, pada akhirnya semangat pendidikan anjal nusantara bangkit dan mau bersekolah lagi. Chindy Kana Amalia, siswa kelas 3 berperan sebagai seorang perempuan yang membangkitkan semangat anjal nusantara.

"Saya membacakan puisi untuk menyemangati teman-teman (anjal). Supaya tidak ada di jalanan dan ikut bersekolah. Karena bagaimanapun juga pendidikan sangat penting bagi kami," kata bocah perempuan yang kemarin berpakaian adat Bali itu.

Khotib, guru SDN Sumberwetan 2 menambahkan bahwa cerita ini diilhami dari nasib para anjal dan semangat yang dimiliki oleh Bung Tomo. "Di dalam UUD 45 itu jelas tertulis, bahwa fakir miskin dan anak telantar dipelihara oleh negara. Itu teorinya, tapi realisasinya tidak tahu. Tidak dapat dipungkiri anjal adalah bagian dari bangsa Indonesia," ungkapnya. (fa/nyo)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=159590

Tidak ada komentar:

Posting Komentar