Sabtu, 22 Mei 2010

Lomba Hansip Ajang Evaluasi

[ Jum'at, 21 Mei 2010 ]

Untuk meningkatkan keamanan di tingkat kecamatan, Kecamatan Krejengan melalui Seksi Kesbang Linmas akan menggelar lomba hansip (pertahanan sipil). Lomba tersebut juga dilaksanakan untuk menyambut HUT ke-65 RI.

Kasi Kesbang linmas Kecamatan Krejengan Mashuri mengatakan, keberadaan hansip sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan di setiap desa. Sebab, hansip berasal dari unsur sipil yang bertugas menjaga keamanan.

Karena itu, lomba ini juga diharapkan sebagai ajang evaluasi kinerja dan kemampuan hansip. "Lebih-lebih sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan mereka," ujar Mashuri.

Lebih jauh Mashuri mengatakan, di setiap desa terdapat 31 hansip. Terdiri dari 1 komandan dan 30 anggota. Dengan jumlah tersebut, keberadaan hansip cukup membantu keamanan desa. Terutama ketika menghadapi momen-momen tertentu.

Kecamatan Krejengan sendiri mempunyai 17 desa. Setiap desa menurut Mashuri, harus mendelegasikan satu hansip sebagai peserta lomba. Format penilaian yang dipakai yakni, kekompakan membangun tim, gerakan, kesigapan dan ketelitian.

Sementara tim juri berasal dari Kesbang Linmas Kabupaten Probolinggo. "Agar juaranya tidak pilih-pilih," katanya.

Selanjutnya Mashuri berencana untuk menggelar lomba tersebut setiap tahun, diawali tahun ini. Harapannya, kegiatan itu bisa memotivasi para hansip untuk meningkatkan kemampuan mereka di bidang pertahanan. "Sebab keberadaan mereka cukup vital," tuturnya. (eem/hn)

Sumber : http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=159589

Tidak ada komentar:

Posting Komentar