Kamis, 26 Agustus 2010

Waspada Jalur Rawan Laka

Kamis, 26 Agustus 2010

SURABAYA - Surya- Ditlantas Polda Jatim mengingatkan, masih banyak jalan raya yang rawan kecelakaan. Karenanya warga yang hendak mudik Lebaran diimbau waspada.

Jalur tengkorak yang perlu diwaspadai tak hanya di wilayah seputar Surabaya dan Gresik, melainkan juga di jalur Pantura dan lintas selatan.

Data di Ditlantas menyebutkan, ada beberapa jalur rawan laka yang patut diwaspadai, antara lain Jl Kol Sugiyono dan Jl S Supriyadi di Polresta Malang. Di wilayah Polres Kediri, Jl Raya Branggahan (Jalur Kediri-Tulungagung), Jl Raya Papar dan Ngebrak (Jalur Kediri-Kertosono) dan Jl Raya Blabak Kandat (Jalur Kediri-Blitar). Di Polres Blitar yang rawan adalah Jl Raya Kesamben (Jalur Blitar-Malang) dan Raya Talun (Jalur Blitar-Malang).

Di Tuban, Jl Tuban-Bulu (Desa Sumurgeneng Jenu) dan Jl Tuban-Widang (Pakah-Mrutuk). Di Ngawi yang rawan laka adalah Simpang Empat Kedung Prahu, Jalur Ngawi-Mantingan, Jalur Ngawi-Karangjati, Jembatan Jengkrik, Simpang Tiga Gendingan, Jembatan Ngrancang, dan Simpang Empat Mantingan.

Jalur di wilayah Jember yang perlu diwaspadai adalah Jalan Desa Curah Bamban Tanggul, Desa Teko’an Tanggul dan Desa Sempolan Silo. Di Lumajang ada jalur Lumajang-Ranuyoso, Lumajang - Jatiroto. Di Polres Probolinggo ada Jl Raya Sumberasih (Jalur Probolinggo-Nguling), Jl Raya Probolinggo-Besuki. Di wilayah Polresta Probolinggo, Jl Prof Hamka juga rawan laka. Sedangkan di Banyuwangi, Jl Raya Situbondo, Jl Raya Gatot Subroto, Desa Bajul Mati, dan Jl Raya Yos Sudarso.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Jatim AKBP Lafri Prasetyono menyatakan, pihaknya telah mengantisipasi terjadinya laka. Selain penempatan personel dan pos pengamanan, juga memasang tanda-tanda peringatan. ”Kami akan memasang spanduk-spanduk imbauan lokasi rawan laka lantas, pencegahan dan pengaturan lalu lintas, ” ujar Lafri, Rabu (25/8). Ia menambahkan, patroli dan razia terhadap kendaraan yang mencurigakan atau yang dilarang lewat juga akan diberlakukan jelang Lebaran.

Hal senada disampaikan Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Sam Budigusdian yang menyebut rangkaian langkah antisipasi sudah disiapkan jajaran Polantas di seluruh Jatim. ”Bersama dinas-dinas lain kami akan menyiapkan personel berikut kelengkapan sampai ambulans dan traktor di beberapa titik tertentu,” ujar Sam.

Sebagai referensi, Ditlantas Polda Jatim selama Operasi Ketupat Lebaran 2009 mencatat ada 245 laka. Sedikit menurun dibanding 2008 sebanyak 272 kejadian. Pada Lebaran 2009, di di Jalur Pantura terjadi 62 kasus laka, di jalur selatan 92, jalur alternatif 65, dan sisanya di jalur beragam 26 laka. Korban meninggal dunia akibat terlibat kecelakaan selama 2009 sebanyak 105 jiwa, luka berat 141, dan luka ringan 360 jiwa. nrey

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/08/26/waspadai-jalur-rawan-laka.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar