Kamis, 26 Agustus 2010

Pemkab Dijatah 213 CPNS

[ Kamis, 26 Agustus 2010 ]
Pemkot Ajukan 368 Formasi

PROBOLINGGO - Tahun Pemkab dan Pemkot Probolinggo juga akan melakukan rekrutmen CPNS. Pemkab dijatah 213 formasi. Sedangkan pemkot mengajukan 368 formasi, tapi belum tahu kuota yang diberikan pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkab Probolinggo Achmad Arief mengatakan pihaknya telah mendapatkan kuota formasi CPNS itu sejak beberapa hari lalu. "Kami dapat surat edaran dari Menpan. Cuma pemberitahuannya belum detail. Formasi lengkapnya masih belum," katanya saat ditemui di kantornya Senin (23/8) lalu.

Dalam surat edaran menpan tersebut, Cuma menyebutkan alokasi kuota secara umumnya saja. "Dalam waktu dekat ini baru akan diketahui formasi apa saja yang dibutuhkan pemkab," jelasnya.

Menurut Arief, jumlah kuota 213 itu sangat jauh dari jumlah kebutuhan pemkab. Sebelum mendapat kuota, pemkab sempat mengajukan permohonan tambahan pegawai ke pemerintah pusat.

Dalam pengajuannya itu pemkab menyatakan masih membutuhkan 2.800 tenaga baru. "Itu untuk semua tingkatan, mulai dari SMP, SMA sampai perguruan tinggi," kata Arief. Menurutnya, pemkab memang masih membutuhkan banyak tenaga. Sebagai pertimbangan saja, selama tahun 2010 ini sudah ada sekitar 135 pegawai yang pensiun.

Tetapi usulan dari pemkab itu tidak disetujui oleh pemerintah pusat. Dari 2.800 tenaga yang diajukan itu, menpan hanya memberi kuota 213 saja. "Semua derah seperti itu (kuota tidak sesuai pengajuan). Itu karena ada beberapa faktor," jelas Arief.

Salah satu faktornya menurut Arief adalah disesuaikan dengan pertimbangan keuangan negara. "Selain itu sekarang ini zaman sudah serba canggih. Saat ini sudah banyak yang dikerjakan dengan tenaga mesin," beber Arief.

Meski mendapatkan kuota yang jauh lebih kecil dibanding dengan pengajuannya, namun Arief mengatakan pemkab masih tetap bisa mengoptimalkannya. "Tidak masalah. Kami akan optimalkan quota yang ada," bebernya.

Selain sibuk menyiapkan formasi CPNS 2010, BKD saat ini juga tengah menyiapkan CPNS dari tenaga honorer sisa angkatan tahun 2005. "Saat ini masih dalam pengumpulan berkas. Belum bisa diketahui berapa jumlahnya," ungkapnya.

Pengangkatan dari honerer ke CPNS itu dikatakan Arief sesuai dengan surat edaran menpan nomer 5 tahun 2010 tentang pendataan honorer di lingkungan pemkab. "Ada dua kategori," jelas Arief.

Sedangkan Kepala BKD Pemkot Probolinggo Misbahul Munir mengatakan seluruh satker (satuan kerja) sudah mengajukan formasi tenaga yang dibutuhkan. Dari data itu terdapat 368 formasi yang dibutuhkan.

"Kami mengajukan 368 formasi, jumlahnya masih global dan belum detail. Kebanyakan dari tenaga kesehatan, formasi dokter spesialis harus dimasukkan lagi. Tapi, dari formasi yang diajukan itu masih harus menunggu kuota yang ditentukan oleh pusat," terang Munir saat ditemui siang kemarin.

Menurut Munir, data pengajuan dari pemkot sudah berada di Menpan dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Disebutkan pusat tidak akan mudah menyetujui formasi yang diajukan oleh masing-masing pemkot atau pemkab.

Data CPNS yang dibutuhkan harus diikuti Dana Alokasi Umum (DAU) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di wilayah tersebut. Pasalnya, kebutuhan formasi diprioritaskan daerah yang mengalami pemekaran, tidak termasuk Kota Probolinggo. "Disesuaikan juga dengan kekuatan keuangan daerah, jumlah penduduk dan kebutuhan organisasi," sambung Munir.

Jumlah formasi yang dibutuhkan tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Tahun 2009 formasi CPNS 358 orang meliputi 13 tenaga guru, tenaga kesehatan 145 orang dan tenaga teknis 200 orang. Sedangkan tahun 2008 lebih sedikit, hanya merekrut 321 CPNS. Formasi 147 tenaga guru, 135 tenaga kesehatan dan 59 tenaga teknis.

Formasi tahun 2010 ini lebih sedikit dibanding tahun 2009 karena kebutuhan CPNS beberapa diantaranya dipenuhi dari tenaga honorer yang diangkat jadi CPNS. "Sekarang lebih berkurang karena sudah diambil dari tenaga honorer terbaru," imbuh Kabag Humas dan Protokol Rey Suwigtyo saat mendampingi Munir. (mie/fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=176563

Tidak ada komentar:

Posting Komentar