Ical Persilakan Dewan Buat Pansus Lapindo
Aburizal Bakrie. (ANTARA)
Kediri (ANTARA News) - Pemilik PT Lapindo Brantas, Aburizal Bakrie mempersilakan kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, membuat panitia khusus menyelidiki kasus Lapindo.

"Silakan saja dibuat pansus, kan tidak ada masalah. Yang berhak membuat keputusan adalah MA (Mahkamah Agung)," katanya saat berkunjung di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, Kamis.

Aburizal yang akrab disapa dengan Ical tersebut mengatakan, kondisi perusahaan tersebut (PT Minarak Lapindo Jaya) sudah bangkrut dan perusahaan sudah tidak mempunyai uang.

Pihaknya sendiri juga sudah berupaya memberi ganti rugi kepada warga yang rumahnya tenggelam akibat Lumpur Lapindo. Ia mengatakan, anggaran yang sudah dikeluarkan mencapai Rp8 triliun.

Ia tidak khawatir dengan pansus tersebut dirinya akan semakin tersudut, karena hingga kini masih terjadi masalah, khususnya mengenai pembayaran ganti rugi.

"Untuk anggaran kami sudah mengeluarkan sekitar Rp8 triliun dibagikan kepada warga," kata Ical yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Dalam kesempatan kunjunganya ke PP Lirboyo tersebut, ia menampik jika kedatanganya untuk tujuan politis. Ia hanya ingin silaturrahmi dan mendengarkan suara rakyat terutama dari pondok pesantren.

"Di Jawa ini, pondok pesantren banyak pengikutnya. Dari situ, pengasuh bisa mengetahui langsung tentang suara rakyat dan membantu menyuarakanya," tuturnya.

Menyinggung dengan rencana persiapan dirinya menghadapi Pemilihan Presiden 2014, Ical mengaku sudah koordinasi langsung dengan seluruh jajaran pengurus.

Untuk itu, ia sudah meminta kepada seluruh kader untuk dekat dengan rakyat dan mendengarkan aspirasi mereka. Ia berharap, dengan agenda itu dapat menjadi bahan tersendiri untuk evaluasi yang nantinya dibawa ke dewan dan pemerintah.

Dalam kesempatan silaturrahmi di PP Lirboyo, Ical sempat menyerahkan bantuan untuk anak - anak yatim berupa bahan pokok yang jumlahnya sekitar 400 paket. Bantuan itu langsung diserahkan secara simbolis kepada anak-anak tersebut.

Selain di PP Lirboyo yang diterima langsung oleh pengasuhnya KH Idris Marzuki dan beberapa pengasuh lainya, rombongan Ical juga singgah ke PP LDII di Kota Kediri. Rombongan juga sempat singgah ke PP Ploso, Kabupaten Kediri dan bertolak melanjutkan perjalanan ke Jombang.

Di Jombang, rombongan tersebut naik helikopter. Rencananya, silaturrahmi ke PP Darul Ulum Jombang dan ziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid di PP Tebuireng, Jombang.

Kunjungan ke Kediri dan Jombang tersebut adalah rangkaian safari Ramadhan yang diselenggarakan di Jawa Timur. Selama dua hari ini, sejak Rabu (25/8) rombongan sudah berkunjung ke Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, dan dilanjutkan ke Kediri dan Jombang. (ANT-073/K004)