Kamis, 17 Juni 2010

Tol Surabaya Mojokerto Paling Siap

Rabu, 16 Juni 2010 | 12:34 WIB

SURABAYA- Dari sejumlah proyek pembangunan jalan tol di Provinsi Jawa Timur, hanya jalan tol Mojokerto-Surabaya yang paling siap dikerjakan, bahkan beberapa ruas di antaranya sudah mulai terealisasi.

“Sementara yang lainnya masih terkendala banyak masalah,” kata Asisten II Sekdaprov Jawa Timur Chairul Djaelani, di Surabaya, Rabu (16/6).

Proses pembebasan lahan untuk jalan tol Mojokerto-Surabaya sudah mencapai 90%, sehingga sisanya, tinggal dikonsinyasi ke pengadilan negeri.

Ia memperkirakan jalan tol Surabaya-Mojokerto sepanjang 36,2 kilometer itu sudah bisa digunakan paling lambat bulan April 2011.

Jalan tol Surabaya-Mojokerto merupakan salah satu ruas dari proyek pembangunan jalan tol (trans Jawa) Jakarta-Banyuwangi. ant

Selain Surabaya-Mojokerto, di Jatim terdapat beberapa ruas lagi, di antaranya Mantingan-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, Gempol-Malang, Malang-Pasuruan, Pasuruan-Probolinggo, Probolinggo-Situbondo, dan Situbondo-Banyuwangi.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan, di ruas Surabaya-Mojokerto ada beberapa lahan yang masih bermasalah, terutama di wilayah Kabupaten Gresik dan Kabupaten Sidoarjo.

“Permasalahannya terletak pada NJOP (nilai jual objek pajak). Seharusnya NJOP tahun ini, tapi yang ditawarkan tahun 2006. Saya yakin, persoalan itu bisa dituntaskan dalam waktu dekat ini,” ucapnya.

Sementara itu, Djaelani menambahkan, awal pekan depan, pihaknya akan menggelar rapat dengan kontraktor, pemerintah daerah, dan tokoh masyarakat untuk membicarakan proses pembebasan lahan di beberapa lokasi yang akan dibangun jalan tol

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/06/16/tol-surabaya-mojokerto-paling-siap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar