Kamis, 17 Juni 2010

Rakor Apeksi, Perlu Peran Serta

[ Kamis, 17 Juni 2010 ]
PROBOLINGGO - Kota Probolinggo punya gawe besar Juni hingga Juli nanti. Selain Semipro (Seminggu di Probolinggo) dan KIM (Kelompok Informasi Masyarakat), juga ada Rakor (Rapat Koordinasi) Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) Korwil IV.

Rakor Apeksi Korwil IV digeber 1 - 3 Juli. Untuk gelaran ini, peran serta masyarakat sangat diperlukan. Peran serta yang dimaksud tidak hanya berupa pelayanan, tapi juga sumbangsih pemikiran.

Kepala Bappeda Budi Krisyanto menyatakan Rakor Apeksi itu selain mengevaluasi juga merumuskan program yang akan dibawa ke rakernas (rapat kerja nasional). Materi yang dibahas terkait reformasi birokrasi, pembicaranya dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara. Lalu, materi Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup Perkotaan dengan pembicara dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Kota Probolinggo menjadi tuan rumah yang menyambut 13 kota ditambah dengan kontingen kesenian dari berbagai daerah. "Sebagaimana sebagai tuan rumah harus ramah ketika berhadapan dengan siapa saja. Ramah menyambut dan memberikan informasi. Kalau ada turis asing, bersikap sopan. Dan jangan menaikkan harga. Jangan-jangan karena dilihat orang dari luar Probolinggo lalu harga dinaikkan," ujar Budi Krisyanto kepada Radar Bromo kemarin.

Masyarakat juga bisa memberi peran serta dalam kegiatan Apeksi. Misalnya memberikan masukan atau ide program yang disampaikan melalui Bappeda dan media massa. Misalnya terkait perkotaan itu harus bagaimana dan apa pendapatnya.

"Kontribusi pemikiran dari masyarakat kami butuhkan. Disini kan ada dua materi, soal reformasi birokrasi dan lingkungan hidup perkotaan. Nah, masyarakat itu punya ide pemikiran apa soal itu. Silakan saja sampaikan kepada kami untuk bahan materi saat pembahasan dalam Apeksi," ungkap Budi.

Sampai kemarin persiapan Apeksi sudah mencapai 85 persen. Saat ini yang dilakukan adalah mengonfirmasi jumlah personel di masing-masing daerah yang bakal datang ke Apeksi. Akomodasi berupa hotel dan transportasi sudah dipersiapkan. Selama tiga hari rakor Apeksi bakal dipadati kegiatan yang dipusatkan di hotel Bromo View.

Termasuk diantaranya kegiatan penanaman pohon di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, dan kunjungan peserta Apeksi ke TWSL (Taman Wisata Studi Lingkungan) - TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan RTHKP (Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan).

Sejumlah hotel telah dibooking oleh panitia Apeksi untuk para peserta. Undangan diperkirakan sejumlah 314 dari satker, muspida, perusahaan di Kota Probolinggo, Bakorwil 3, Apeksi Pusat, narasumber, Menkominfo, masyarakat masing-masing kelurahan (3 perwakilan), anggota DPRD, wali kota dan 5 pejabat pendamping dari 13 kota.

Anggaran Apeksi yang dipersiapkan untuk akomodasi (transportasi dan hotel peserta) sekitar Rp 117 juta. Di hotel Bromo View booking 40 kamar dan hotel Ratna 33 kamar (mulai kelas standar hingga deluxe). (fa/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=164857

Tidak ada komentar:

Posting Komentar