Kamis, 17 Juni 2010

Gelar 12 Lomba di Semipro

[ Kamis, 17 Juni 2010 ]

PROBOLINGGO - Sepuluh hari lagi event Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) bakal digelar. Sedikitnya ada 12 lomba yang bakal digelar dalam event memasuki tahun kedua penyelenggaraan itu.

Siang kemarin (16/6), koordinator lomba Semipro, Badan Lingkungan Hidup (BLH) merapatkan kesiapan lomba di kantor KONI. Dari pertemuan itu diketahui beberapa kendala karena lokasi lomba bersamaan dengan kegiatan lain.

Dua belas lomba itu antara lain kontes ternak sapi dan lomba foto hewan kesayangan (Dinas Pertanian), lomba lari 10K (PASI Jatim), kontes bonsai (BLH), lomba memancing (Dinas Kelautan dan Perikanan), lomba burung berkicau, lomba karapan kambing dan sapi brujul (Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata), festival teater modern pelajar (Dispobpar), lomba drum band (Polresta Probolinggo), lomba mewarnai dan lomba melukis (BLH).

Rapat yang dipimpin Kepala BLH Imanto itu dihadiri wakil panitia Semipro HA Suyuti dan staf BLH. Dari pertemuan itu diketahui kendala dan perkembangan lomba. Lomba yang jadi gawe Dinas Pertanian misalnya, untuk kontes ternak sapi dan lomba foto hewan digeber di GOR Kedopok. Sampai saat ini sudah ada 93 foto yang terkumpul. Dinas Pertanian juga mengadakan kontes kucing di alun-alun pada 27 Juni.

Kendalanya di GOR juga bakal digelar lomba karapan kambing. Beberapa hari sebelumnya, lomba karapan kambing harus memasang sesek di area lapangan. Sementara pada saat itu Dinas Pertanian menggunakan lapangan untuk kontes sapi. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, hari ini (17/6) Imanto akan membahasnya dengan penanggungjawab lomba.

Lomba lari 10 K juga mengalami kendala. Rute lomba lari yang dilaksanakan 26 Juni start di Jl Suroyo - Jl Panglima Sudirman - Jl Soekarno Hatta - Jl Brantas - Jl Slamet Riyadi - Jl Cokroaminoto - Jl Pahlawan - Jl Panglima Sudirman - finish depan pemkot.

Rute itu sempat dipermasalahan karena di museum Jl Suroyo bakal jadi lokasi pembukaan Semipro dan Pekan KIM (kelompok informasi masyarakat). Padahal lomba dimulai pukul 5.30 sedangkan pembukaan baru sekitar pukul 09.00. Diminta mengubah rute, panitia menyatakan itu tidak mungkin karena sudah diukur oleh tim PB PASI. Akhirnya diputuskan tidak akan ada perubahan rute untuk lomba lari 10 K.

Untuk lomba pancing di tambak milik DKP di kawasan JLU (jalan lingkar utara) sudah siap 80 persen. Proses pendaftaran sudah berlangsung cuma masalahnya kekurangan tenda untuk shelter peserta. Menariknya, hadiah utama lomba mancing ini sebuah sepeda motor.

Beberapa lomba juga difokuskan di alun-alun seperti kontes bonsai, lomba menggambar, lomba melukis, dan lomba burung berkicau. Lomba sapi brujul (30/6) digelar di sebelah utara Kelurahan Curahgrinting. Sementara festival teater di Kelurahan Mangunharjo. Lomba drum band digelar mulai 29 Mei.

Para penanggung jawab banyak yang mempertanyakan soal pengamanan. Anggota Polresta Probolinggo, Amin menjelaskan bahwa untuk pengamanan sudah dipaparkan di institusinya. Semua macam kegiatan sudah diploting anggota, baik itu yang di jalan raya atau lokasi tertentu. "Oleh karena itu jika ada perubahan mohon segera dilaporkan untuk ploting anggota," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pelestarian Pelestarian Pengendalian dan Pengembangan Kapasitas Lingkungan Hidup di BLH Kukuh Suryadi menegaskan agar pada lomba tertentu disiapkan tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan dan PMI.

"Soal listrik silakan berkoordinasi langsung dengan PJU di BLH. Jangan sampai di hari H bermasalah dengan listriknya," ujar mantan Sekcam Kedopok itu. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=164848

Tidak ada komentar:

Posting Komentar