Kamis, 17 Juni 2010

Geger Pacaran, Tenggak Bensin

[ Kamis, 17 Juni 2010 ]
PROBOLINGGO - Mawar (nama samaran) seorang gadis yang baru lulus SMP negeri 8 Kota Probolinggo, kemarin (16/6) berbuat nekat. Gara-gara gegeran dalam urusan pacaran, Mawar nekat menenggak bensin saat berada di sekolahnya, sekitar pukul 08.00.

Kontan perbuatan nekat Mawar membuat geger sekolahnya. Mawar juga sempat pingsan hingga dilarikan ke puskesmas. Dari puskesmas, Mawar kemudian dirujuk ke RSUD dr Moh Saleh Kota Probolinggo.

Dari informasi yang dihimpun Radar Bromo, kemarin semua siswa kelas IX (tiga) yang sudah dinyatakan lulus ujian nasioan (unas) tahun ini, diminta datang ke sekolah. Mereka diminta datang untuk melakukan cap tiga jari untuk ijazahnya.

Para pelajar itu pun datang dengan mengenakan seragam sekolah. Tiba-tiba saja para pelajar yang sudah siap melakukan membubuhkan cap jari itu digegerkan oleh ulah Mawar.

Mawar ditemukan pingsan di ruang UKS (unit kesehatan sekolah). Mendapati itu, rekan-rekan Mawar langsung melaporkan kejadian tersebut ke guru mereka, Setiyawati. Lalu, mereka pun melarikan Mawar ke Puskesmas.

"Wajahnya (Mawar) pucet, saya langsung mencari cari tahu kenapa. Saya juga mencium bau bensin dari mulutnya. Akhirnya langsung kami bawa dia ke puskesmas," jelas Setiyawati.

Di puskesmas, Mawar sempat menjalani perawatan. Tapi, kemudian Mawar dirujuk ke RSUD dr Moh Saleh. Menurutnya, adanya bensin di ruang UKS itu karena sekolah sedang melakukan pengecatan. Dan, bahan-bahan cat itu disimpan di ruang UKS dan sudah disembunyikan. "Entah bagaimana kok itu masih bisa ketemu," ujarnya.

Sampai di RSUD, Mawar juga langsung mendapat perawatan serius dari tim medis. Tak lama kemudian, keluarganya datang ke RSUD. Ibunya, langsung tak kuasa menahan tangisnya. Sambil sesenggukan dia menanyakan alasan apa yang menyebabkan Mawar sampai berbuat nekat.

Tapi, Mawar tidak mau menceritakan latar belakang perbuatannya itu. Ia hanya menangis dan meminta maaf dan berusaha menenangkan ibunya. "Oh nggak Bu. Saya tidak apa-apa," ujar Mawar sambil terisak.

Di tengah keharuan itu, Setiyawati juga turut berusaha menenangkan orang tua Mawar. Setiyawati menceritakan kalau tidak terjadi apa-apa dengan Mawar. "Tidak apa-apa Bu, dia (Mawar) masih men (menstruasi). Sudah saya tanyakan, ngakunya tidak sampai melakukan itu (hubungan suami istri)," jelasnya.

Setiyawati pun menceritakan, kalau Mawar melakukan perbuatan nekat itu karena sedang ada masalah dengan pacarnya. Kebetulan pacarnya itu masih satu sekolah dengannya. Tapi, Setiyawati tidak mau menjelaskan permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh Mawar dengan pacaranya.

"Bertengkar dengan pacarnya. Ya masih satu sekolahan, tapi hanya pacaran melalui SMS (sort massage service). Biasanya, kalau (murid) yang pacaran saya tahu. Ini kok saya tidak tahu, " ujar Setyawati yang menjabat waka kesiswaan.

Menurut ayah Mawar, Tohadi, sejak Selasa (15/6) Mawar memang sudah tidak mau makan. Itu tanpa alasanyang jelas. Pada saat itu, Mawar hanya mengurung diri di dalam kamarnya.

Tohadi tidak curiga. Ia hanya mengira Mawar sedang tidak enak badan. Menurutnya, Mawar memang sering mengalami sakit perut sehingga juga sering tidak makan. "Saya kira dia sedang sakit. Dia juga tidak mau bercerita ada masalah apa," ujarnya.

Tohadi mengaku tidak pernah melarang anaknya untuk berpacaran. Asalkan, itu dilakukan dengan cara normal alias tidak sampai kelewat batas. Tapi, keterbukaan itu tidak dimanfaatkan oleh Mawar untuk curhat kepada orang tuanya. "Tadi pagi (16/6), saya antar ke sekolahnya. Dia juga masih tidak mau cerita ada apa," ujarnya.

Karena itulah, Tohadi mengaku kaget ketika diberi kabar Mawar berbuat nekat menenggak bensin. Apalagi, itu dilakukan dengan alasan ada masalah dengan pacarnya. "Selama ini, memang dia tidak pernah cerita kalau punya pacar," ujarnya.

Sementara dari hasil pemeriksaan medis, dipastikan Mawar menenggak bensin. Banyaknya, sekitar satu teguk atau setengah gelas. "Banyak atau pun sedikit, itu bisa menyebabkan peradangan pada saluran pencernaan. Kalau terlalu banyak bisa menyebabkan saluran pencernaanya rusak," jelas dokter jaga, dr Arif Fadilla.

Penyebab Mawar nekat menenggak bensin karena ada masalah dengan pacarnya juga dinyatakan oleh dr Arif. "Katanya ada konflik dengan pacarnya," ujarnya. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=164858

Tidak ada komentar:

Posting Komentar