Selasa, 29 Juni 2010

Perajin Miniatur Pemain Bola Terimbas Rezeki Piala Dunia

29 Juni 2010

Probolinggo - Surya- Ingar bingar pesta Piala Dunia 2010 tidak hanya mendatangkan keuntungan bagi kafe atau tempat-tempat hiburan yang menggelar acara ‘nonton bareng’, tetapi juga bagi Saicho Machfud, 41.

Pria yang tinggal di RT 01/RW 07, Desa Sumber Kedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ini, menekuni usaha membuat miniatur pemain sepak bola kenamaan.

Ada berbagai figur, seperti Ronaldinho (Brasil), Wyne Roone (Inggris), Didier Drogba (Pantai Gading), Leone Messi (Argentina), Christiano Ronaldo (Portugal), Fernando Tores (Spanyol) dan lain-lain. Miniatur yang terbuat dari bahan fibreglass ini, memang tidak persis betul dengan wajah dan postur tubuh pemain aslinya, karena dibentuk karikatur.

Saicho Machfud, mengaku harus pergi ke warnet untuk mencari gambar yang dianggap bagus dan menarik dan disukai pecinta atau penggila bola. Setelah dirasa pilihannya pas, Lelaki yang bekerja di Koperasi PT Kertas Leces, divisi toko bahan bangunan ini gambar tokoh sepak bola di sebuah kertas.

Gambar atau foto pemain sepak bola yang masih dua dimensi itu, kemudian dibentuk menjadi tiga dimensi dengan bahan dari gips. Setelah terbentuk, bahan ini digunakan untuk membuat cetakan.

Jika cetakan sudah dibuat, maka proses selanjutnya adalah mencetak tokoh yang diinginkan dengan mengisi cetakan dengan bahan fibreglass. Jika patung sudah jadi, proses selanjutnya adalah ‘me-make up’ patung sehingga mirip dengan tokoh yang sesungguhnya. Yaitu dengan memberi kostum, sepatu, dan mewarnainya.

Bagi Saicho, membuat patung bintang lapangan tidaklah sulit, karena dia juga sudah berpengalaman memanfaatkan bahan fibreglass untuk membuat gantungan kunci. “Sudah lama saya menggeluti bidang ini. Yah sejak saya lulus dari SMA,” ujarnya.

Miniatur pemain bola ini banyak disuka penggila bola, sehingga ia kewalahan melayani pesanan. Harga miniatur setinggi 20 sampai 25 sentimeter antara Rp 25.000 - Rp 50.000.

Untuk sementara, kerajinan yang ia buat di rumahnya sendiri ini masih melayani pesanan saja dan pasar lokal, karena produk ini baru diproduksi menjelang penyelenggaraan Piala Dunia. “Kalau yang ini sudah diekspor ke berbagai negara,” aku Saicho Machfud seraya memperlihatkan gantungan kunci yang di dalamnya berisi aneka serangga.

Dia mengaku tidak membatasi produksinya. Selain mencetak para pemain bola dunia, dia juga bersedia melayani pesanan patung miniatur pribadi. Harganya relatif lebih mahal. “Kan pesannya terbatas. Paling banter kalau patung pribadi, satu atau dua pesannya. Jadi agak mahal, bisa sampai Rp 300.000 sampai Rp. 500.000. Tergantung rumitnya pekerjaan. Kalau minta cepat selesai, lebih mahal lagi,” ujarnya.

Tampaknya membuat patung berbahan fibreglass bukan hal rumit bagi Saicho Machfud. Dia mengaku tidak mengalami kendala berarti. Kesulitannya hanya ada pada proses pembuatan cetakan. begitu pula soal permodalan, semua dicukupi dari kantongnya sendiri.

“Tidak banyak kok, entah kalau diproduksi secara besar-besaran, pasti kami butuh modal,” pungkasnya.ntiq/st35

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/06/29/perajin-miniatur-pemain-bola-terimbas-rezeki-piala-dunia.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar