Selasa, 29 Juni 2010

Akses Internet untuk Desa

[ Selasa, 29 Juni 2010 ]
Internet membuka akses yang cukup besar untuk menambah wawasan. Termasuk, menambah pengetahuan dan mengakses informasi. Karena fungsi yang bisa diberikan itu, saat ini internet sudah menjadi kebutuhan primer. Tidak lagi menjadi kebutuhan kalangan tertentu.

Demikian dituturkan pengurus Karang Taruna Desa Sukomulyo, Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Sulton. "Hampir semua aspek membutuhkan internet," ujar Sulton.

Karena itulah, pihaknya menyediakan fasilitas berinternet. Menurut Sulton, pihaknya memasang antena hot spot di Desa Sukomulyo. Antena tersebut adalah hasil swadaya masyarakat. "Jadi masyarakat bisa mengakses secara cuma-cuma," katanya.

Sebab dikatakan Sulton, area yang dijangkau antena tersebut cukup luas. Yakni meliput seluruh desa. Namun untuk mendapat layanan tersebut, masyarakat harus membuat antena penangkap. Yakni wajan bolic. "Pembuatannya mudah kok," sebut Sulton.

Sulton menerangkan, jika tidak memakai antenna, jarak jangkau area hot spot sekitar 200 meter. "Jika jauh (dari antena) caranya ya pasang alat tadi itu," katanya.

Sulton berharap, pemasangan antena tersebut memiliki dampak positif bagi masyarakat. Selain akses informasi, fasilitas ini bisa mengangkat SDM masyarakat Desa Sukomulyo. Namun buru-buru Sulton mengingatkan agar masyarakat tidak sembarangan mengakses. "Jauhi akses hal-hal negatif," pungkasnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=167135

Tidak ada komentar:

Posting Komentar