Selasa, 29 Juni 2010

BONSAI MAME TERKECIL DI KONTES BONSAI SEMIPRO

Senin, 28 Juni 2010

Ajang semipro tahun ini juga dimeriahkan oleh expo flora dan fauna yang diadakan di Aloon-aloon Kota Probolinggo. Hari minggu (27/06) digelar kontes kucing dan kontes burung burung berkicau di sisi timur aloon-aloon sebelah utara. Sedangkan disebelah barat, karena areal yang luas, juga digelar expo tanaman hias.

Ditengah areal tersebut ada kontes bonsai yang diikuti 194 peserta. Surabaya, malang, pasuruan, situbondo, jember, lumajang, dan juga Kab./Kota Probolinggo juga ikut berpartisipasi dalam ajang ini. The Best Ten bonsai, tertata rapi disebelah selatan areal kontes. Best in Show kontes adalah Bonsai Santigi milik Bromo Asri Probolinggo, dengan no. pendaftaran 50. Diurutan ke 6 juga terdapat bonsai Mame (bonsai kecil dengan tinggi dibawah 15cm) yang meraih gelar The Best Ten.

Sekretaris Panitia Kontes Bonsai, Fajari Sukmawanto, menjelaskan tentang criteria kontes bonsai yang digelar di Semipro. Kontes ini terbagi menjadi 2 kategori, pertama adalah kategori Prospek yang hanya melihat gerak dasar bonsai tersebut, dan yang kedua adalah kategori kelas Madya yaitu penilaian yang berdasarkan penampilan bonsai, gerak dasar, keserasian antara bonsai dan hiasannya, serta kematangan bonsai itu sendiri.

Hasil penilaian bonsai ditandai dengan penancapan bendera. Bonsai yang berbendera mendapatkan sertifikat dan pastinya harga jual bisa lebih tinggi. “ini ada bonsai mame terkecil dengan ukuran 2,5 cm, berumur 4 tahun. Keserasiannya pakai model tempel. Di Jatim baru pertama kali yang model seperti ini” terang dia.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=280

Tidak ada komentar:

Posting Komentar