Kamis, 12 Agustus 2010

Tingkatkan Nasionalisme

[ Kamis, 12 Agustus 2010 ]
Semangat nasionalisme sudah sepatutnya tumbuh di hati dan pikiran warga negara. Sebab, nasionalisme akan menjadi kekuatan dari negara.

Demikian dikatakan Setya Kurniawan, Pengurus Kaukus Pemuda Probolinggo (KPP). Setya mengatakan, seiring perkembangan jaman, semangat nasionalisme justru semakin menurun. Saat ini banyak masyarakat yang mengikuti budaya asing. "Apalagi sering nonton televisi, pasti terkontaminasi," tuturnya.

Menipisnya jiwa nasionalisme masyarakat ini selanjutnya berdampak besar bagi pelajar. Sebab umumnya pelajar masih labil sifatnya. Selain itu, mereka cenderung meniru hal yang mereka anggap hebat. "Gaul, kata pemuda sekarang," kata Setya.

Namun kata Setya, banyak hal yang dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme. Khususnya untuk pelajar. Mereka perlu ditekankan tentang semangat nasionalisme. Sebab, pelajar yang akan meneruskan kepemimpinan di masa depan.

Lebih jauh Setya berharap, pelajar bisa memaknai kemerdekaan. Bukan hanya merayakan saja. Lebih lagi, pelajar juga harus bisa mempertahankan kemerdekaan itu. "Caranya dengan belajar giat dan meningkatkan kemampuan mereka. Agar prestasinya bisa mengharumkan nama bangsa," pungkas Setya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=174427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar