Kamis, 12 Agustus 2010

Sekda: Jam Istirahat, Silakan Tidur

[ Kamis, 12 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO -Ada beragam ekspresi ditunjukkan para pegawai pemkot Probolinggo di hari pertama puasa kemarin. Ada yang bermalas-malasan, ada yang bersemangat, dan ada juga yang mengungkapkan keluhannya melalui facebook.

Pengamatan Radar Bromo, di ruangan kantor Bagian Humas dan Protokol misalnya, sekitar pukul 10.00 banyak karyawan yang melakukan aktivitas seperti hari-hari biasa. Bedanya, satu-satunya kantin di kantor pemkot itu tutup selama bulan puasa. Biasanya kantin yang ada di depan kantor humas itu jadi salah satu pusat keramaian.

"Ya harus tetap semangat dong walaupun hamil. Harus tetap puasa, eman-eman. Selama anaknya (bayi dalam kandungan) tidak rewel harus puasa," ujar Kasubag Humas Suciati Ningsih yang mengaku berpuasa di awal pembukaan Ramadan kali ini.

Menurut salah seorang pegawai yang pernah dinas di kelurahan itu, biasanya jika sudah bulan Ramadan, siang hari pasti banyak yang tidur. Di masjid pemkot biasanya banyak pegawai yang tiduran hingga di teras.

"Kalau jam segini (10.00) masih belum, tidak tahu lagi kalau agak siangan. Tapi, masih pertama-tama mungkin masih sepi (tidak ada yang tidur)," celetuk pegawai yang lain. Uniknya, masih di kantor humas, seorang pegawai di protokol sudah menghitung jam menuju waktu berbuka. Kontan dengan tingkah pegawai itu bikin rekan-rekannya yang lain tertawa.

"Ini sudah banyak yang update status lucu-lucu," celetuk Azam, salah seorang pegawai. Ternyata dalam jejaring sosial facebook itu ada yang bikin status seperti ini "Ya Allah kuatkan puasaku. Sudah panas, tidak ada ac lagi". Status tersebut diduga dibikin oleh salah seorang PNS di kalangan pemkot.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda Johny Haryanto mengatakan jam kerja pegawai di lingkungan pemkot sudah dikorting selama bulan Ramadan. Untuk unit kerja yang melaksanakan lima hari kerja tiap hari masuk pukul 08.00 - 15.00. Jam istirahat pukul 12.00-13.00. Di luar bulan Ramadan masuk kerja pukul 07.00 - 15.30.

Sedangkan unit kerja dengan enam hari kerja (semacam puskesmas atau RSUD) masuk kerja pukul 08.00 - 14.00, sebelumnya masuk pukul 07.00-14.30. Namun untuk jadwal senam setiap hari Jumat tetap dilaksanakan pukul 05.30.

"Meskipun sekarang bulan Ramadan harus tetap bertanggung jawab pada pekerjaan, disiplin dan meningkatkan etos kerja. Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk amal saleh. Terlebih lagi tidak harus mengurangi intensitas pekerjaan hanya karena alasan berpuasa," jelas Sekda.

Untuk menambah keimanan dan ketakwaan pegawai di lingkungan pemkot, di masjid pemkot setiap hari bakal dilaksanakan tausiah selama bulan Ramadan di masjid pemkot setelah salat Dhuhur.

"Walau sekarang puasa tim akan tetap melakukan sidak secara acak sewaktu-waktu. Tidak harus apel pagi atau sore, bisa jadi setelah jam istirahat. Sidak itu untuk mengingatkan mereka yang belum disiplin. Silakan tidur tapi di jam istirahat, kan ada waktu satu jam," terang Johny. Ia berharap masyarakat juga bisa memberikan informasi kaitan kedispilinan pegawai. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=174442

Tidak ada komentar:

Posting Komentar