Kamis, 12 Agustus 2010

Sambut Ramadan Dengan Pawai

[ Kamis, 12 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO-Ramadan kali ini disambut dengan PAWAI oleh Yayasan Pendidikan Al Khoiriyah Kerpangan, Leces. Selasa sore (10/8) lalu 700 pelajar dari yayasan itu mengikuti pawai syi'ar Islam.

Pawai itu dikuti hampir seluruh siswa/siswi dari tingkat TK, SD/ MI, SMP/ MTs dan MA serta SMK. "Pawai semacam ini memang baru pertama kali kami gelar, rencananya kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan setiap menyambut datangnya bulan suci Ramadan," ujar pengasuh yayasan, Farid Wajdi.

Meskipun baru pertama kali digelar, pawai sore hari itu cukup meriah. Buktinya peserta dan masyarakat menyambutnya dengan antusias. Warga yang dilewati rute pawai itu tumplek blek di pinggiran jalan untuk melihat acara tersebut.

Rute yang ditempuh rombongan pawai itu sendiri sejauh 2 kilometer. Dimulai start dari rumah kepala desa Leces dan finish di kompleks lembaga Pendidikan Al Khoiriyah Desa Kerpangan, Leces.

Para peserta pawai berangkat berkelompok sesuai lembaga pendidikannya disertai guru pendampingnya masing-masing. Pada barisan terdepan, grup Drum Band Gema Al Khoiriyah menjadi penampil utama untuk menarik perhatian sekaligus pembuka jalan.

Di belakangnya barisan siswa/siswi dan santri dari beberapa lembaga pendidikan, yaitu TK Al Khoiriyah, SD Islam Leces, MI Al Khoiriyah, MTs al Khoiriyah, SMP Nurussahid, MA Al Khoiriyah dan SMK Nurussahid. Masing-masing sekolah terbagi menjadi dua kelompok, putri yang diberangkatkan terlebih dahulu menyusul di belakngnya kelompok putra.

Farid Wajdi menjelaskan, tema pawai disesuaikan dengan momentum Ramadan dan HUT kemerdekaan RI. Menurutnya, digelarnya pawai tersebut bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius sekaligus rasa cinta tanah air dan bangsa. "Di samping itu kami juga ingin mengajarkan agar siswa dapat hidup berbaur dengan masyarakat," ungkap pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ini.

Untuk semakin memeriahkan acara, panitia juga menyediakan beberapa door prize untuk peserta serta guru pendamping yang mengikuti pawai. Kelompok pawai juga dinilai oleh tim juri yang dibentuk khusus untuk memberikan penilaian terhadap kerapian, kekompakkan, ketertiban dan keutuhan tim hingga sampai ke garis finish. (mie/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=174441

Tidak ada komentar:

Posting Komentar