Kamis, 12 Agustus 2010

Ramadan, Pasar pun Ubah Jadwal

[ Kamis, 12 Agustus 2010 ]
KRAKSAAN - Hari pertama puasa memberikan perubahan aktifitas yang mencolok pada masyarakat Kraksaan dan sekitar. Khususnya di pasar. Pasar Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan misalnya. Tidak ada aktivitas berarti di pasar itu pada pagi hari. Nyaris, semua aktivitas dimulai siang hari.

Sekitar pukul 13.00 WIB, para penjual ikan mulai datang. Sebagian kecil ada pedagang bahan-bahan dapur. Para pembeli datang hampir bersamaan dengan pedagang. Selanjutnya aktifitas transaksi segera berlangsung.

Dalam pantauan Radar Bromo, aktifitas tersebut berlangsung tak lama. Hanya sekitar satu jam. Mulai pukul 13.00 WIB-14.00 WIB. Sebab para pembeli yang datang juga cukup banyak dan berjubel. Bahkan juga berasal dari luar Kraksaan.

Seperti Heri, 38, warga Desa, Sumberkerang Kecamatan Gending. Menurut Heri, keluarganya biasa berbelanja di pasar tersebut. Apalagi ikan segar biasanya hanya ada di pasar sore. "Juga ada di pasar Semampir. Tapi saya sreg belanja di sini," kata Heri.

Kebanyakan pembeli berasal dari kalangan PNS. Bahkan saat dibuka, cukup banyak PNS berseragam menyerbu stan-stan ikan di pasar tersebut.

Hal itu diakui Suham, 55, pedagang ikan asal Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. Menurutnya, kebanyakan para pegawai pemerintah itu berbelanja Bandeng. "Bapak-bapak itu suka Bandeng," kata Suham.

Demikian juga dengan Marsiati, 45, tetangga Suham. Marsiati berjualan di pasar itu sudah lama. Jadi, dia sudah tahu jadwal berjualan di pasar itu. "Sudah dari dulu begitu," kata Marsiati.

Lalu selepas pukul 14.00 WIB, aktifitas di pasar yang sering disebut pasar sore itu kembali landai. Selanjutnya giliran pedagang sayur-mayur berjualan. Namun keramaiannya sudah tak seperti sebelumnya.

Sekretaris Kelurahan Kraksaan Wetan Mohammad Yasin saat dikonfirmasi menjelaskan, pasar itu sering disebut Ramadan. Adanya setahun sekali, setiap Ramadan tiba. Dikatakan pasar Ramadan, karena buka pukul 13.00 WIB. Padahal di luar Ramadan, pasar itu biasanya buka pukul 06.00 WIB.

Biasanya kata Yasin, pasar dibuka hingga akhir Ramadan. Bahkan saat lebaran, pasar itu masih buka. Tapi sebagian saja. Itupun dengan stok dagang yang tidak banyak. "Jadi pasar ini mengganti pasar pagi hari. Karena puasa, akhirnya (jadwal buka) diundur," tutur Yasin.

Kondisi tak jauh berbeda juga terjadi di pasar Semampir. Hanya saja, aktifitas di pasar tersebut dimulai lebih awal. Yakni, sekitar pukul 11.00 WIB. "Karena di sini kan lebih banyak jenis pedagangnya. Tidak hanya pedagang ikan," kata Mulyadi, 41, pedagang sayur asal Desa Bulu, Kecamatan Kraksaan. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=174430

Tidak ada komentar:

Posting Komentar