Senin, 14 Juni 2010

Wali Kota Jagokan Perancis

[ Minggu, 13 Juni 2010 ]
Nobar di Jalan Raya Sebulan Penuh

PROBOLINGGO - Demam World Cup 2010 di South Africa terasa di mana-mana. Termasuk juga di Kota Probolinggo. Dari café outdoor dan indoor hingga warung kopi (warkop) berlomba-lomba bikin program nobar (nonton bareng).

Saling tebak siapa yang bakal jadi juara dunia, banyak masyarakat berspekulasi. Bagaimana dengan Wali Kota Probolinggo Buchori? Diam-diam Buchori juga punya jagoan yang diinginkan jadi juara World Cup 2010 yaitu Perancis.

Sebenarnya wali kota punya cita-cita, walaupun berat, ia berharap salah satu dari tiga negara di Asia yang ikut bisa menjadi juara. World Cup tahun ini ada tiga negara Asia yang masuk yaitu Korea Selatan, Korea Utara, dan Jepang. "Minimal bisa masuk ke semifinal, terutama Korea Selatan. Kalau untuk juara dunia saya masih mengunggulkan Perancis," ujar Buchori.

Jumat (11/6) malam Wali Kota Buchori bersama sejumlah pejabat seperti Wawali Bandyk Soetrisno, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh Budhi Rianto, Ketua DPRD Sulaiman, Wakapolresta Probolinggo Kompol Gathut Irianto nobar pertandingan perdana World Cup Afrika Selatan vs Meksiko di depan pasar gotong royong Jl Panglima Sudirman.

Sebuah layar proyektor dipasang di tengah jalan sehingga arus jalan terpaksa dialihkan. Rencananya selama ada jadwal pertandingan jalan tersebut bakal ditutup. Buchori berharap nobar bisa dilaksanakan di beberapa titik di kota. Namun terkendala hak siar yang sudah ada kerjasama dengan pihak sponsorship.

"Fair play dan kedisplinan dalam bermain bola, ini yang harus ditiru. Kenapa olahraga kita khususnya sepak bola terpuruk? Padahal kalau bicara negara tertinggal di Afrika banyak. Tapi, permainan sepak bola mereka bagus. Mengedepankan disiplin bukan emosi," tegasnya.

Buchori menyarankan masyarakat khususnya tim sepak bola bisa mencontoh bagaimana strategi pemainnya. "Mudah-mudahan adik generasi penerus jadi rujukan. Yang dilihat ini bukan sepak bola lima menit sudah bertengkar," ujarnya.

Wali Kota sempat ditanya soal negara mana yang dijagokan antara Afrika Selatan dan Meksiko. Tegas Buchori menjawab kalau dia lebih condong pada Afrika Selatan karena dia sebagai tuan rumah dan faktor hoki. "Afrika Selatan akan menurunkan tim terbaiknya. Skor nanti kemungkinan beda 1 atau 2 gol," katanya.

Sayangnya, Wali Kota Buchori tidak menyaksikan pertandingan sampai usai. Ia hanya berada di nobar plus peresmian warung kopi Gotong Royong sampai pertandingan di menit ke 15. Meskipun Afsel tidak menang, setidaknya negara jagoan wali kota di pertandingan pembuka itu tidak mengecewakan. Afsel vs Meksiko hasilnya draw satu sama. (fa/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=164208

Tidak ada komentar:

Posting Komentar