Selasa, 18 Mei 2010

Tidak Lulus, Ikut Paket B

[ Selasa, 18 Mei 2010 ]
PROBOLINGGO-Ujian nasional (unas) ulangan untuk siswa tingkat SMP resmi digelar mulai kemarin (17/5). Di Kota Probolinggo, ada sebanyak 287 siswa yang mengikuti ujian tersebut. Mereka adalah yang tidak lulus pada unas utama Maret lalu.

Pelaksanaan unas ulangan itu dilaksananakan di lima tempat. Yakni, di SMPN 3, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 9 dan di MTsN. Untuk hari pertama kemarin, mereka diuji dengan mata pelajaran bahasan Indonesia.

Dari sekian banyak siswa itu, ada seorang siswa yang tidak bisa mengerjakan di dalam kelas. Seorang siswa itu diserang suatu penyakit sehingga harus masuk rumah sakit. Akibatnya, dia harus mengikuti ujian yang paling menentukan kelulusannya itu di rumah sakit.

"Hadir semua, hanya ada seorang siwa yang sakit. Tapi, masih bisa mengikuti meski di rumah sakit. Naskah soalnya dikirimkan ke rumah sakit," jelas Sukardi, Kabid sekolah menengah Dispendik.

Pelaksanaan unas susulan itu, tidak berbeda dengan unas utama. Pengawasnya ada dua orang dalam setiap ruangan dan ada tim pengawas independen. Begitu pula dengan bobot soalnya.

"Bobot soalnya tidak ada bedanya dengan unas utama. Mudah atau tidak itu tergantung dari orangnya," ujarnya.

Sukardi mengatakan, unas ulangan ini adalah kesempatan terakhir bagi para murid yang tidak lulus unas utama untuk lulus. Karena, setelah ini tidak ada lagi istilah unas ulangan untuk memperbaiki nilainya. Adanya, hanyalah ujian kejar paket B. "Kalau tidak lulus kali ini, berarti harus ikut ujian paket B. Itu kalau ingin punya ijazah," ujarnya.

Ujian paket C itu, juga sudah disiapkan oleh dispendik. Tapi, nanti tidak melalui bidang pendidikan menengah. Melainkan, melalui bidang pendidikan luar sekolah (PLS). "Itu juga sudah dipersiapkan di dinas (Dispesndik)," ujarnya.

Sukardi berharap, para murid bisa memanfaatkan peluang terakhir ini. "Semoga saja lulus semua, sehingga tidak perlu mengikuti ujian paket," harap Sukardi. (rud/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=159009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar