Selasa, 18 Mei 2010

Nenek Berusia 147 Tahun?

[ Selasa, 18 Mei 2010 ]
PROBOLINGGO - Di Kota Probolinggo ada wanita sepuh yang dikabarkan usianya saat ini menginjak 147 tahun. Namanya Arti alias Sanapi, warga Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan. Benarkah?

Tidak ada bukti otentik yang bisa membenarkan itu. Arti tak punya kartu keluarga (KK), juga tak punya KTP. Tak ada penunjuk pasti tentang tanggal kelahirannya. Tapi, pihak keluarganya membenarkan jika usia Arti kini berkisar di angka tersebut.

Kemarin Radar Bromo menemui wanita sepuh itu. Walau tua, Arti sehari-harinya masih bisa beraktivitas dengan baik. Tentu tidak segesit masa mudanya dulu. "Tapi saya sudah sering lupa," jawab Arti ketika ditanya tentang pendengarannya.

Warga yang tinggal di RT 7 RW III itu mempunyai delapan anak. Lima anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Dari delapan anak itu, kini tinggal dua orang yang masih hidup. Yakni dua putra yang nomor enam dan nomor tujuh.

Anggapan bahwa Arti sekarang berusia 147 tahun didasarkan atas kelahiran anak pertamanya yang diberi nama Sanai. Sanai disebutkan lahir pada 1909 dan meninggal pada 2003 lalu.

Itu berarti Sanai hidup dalam usia 94 tahun. Jika dihitung tahun ini (2010), berarti sudah tujuh tahun lalu Sanai meninggal. Seratus satu tahun usia Arti terjawab. Lalu, 46 tahun sisanya? Apakah Arti baru melahirkan anak pertamanya itu pada usia 46 tahun? Ini yang masih kabur.

Bila benar Arti melahirkan dan mempunyai anak Sanai pada usia 46, maka benarlah kabar usianya menginjak 147 tahun. "Tidak punya KTP, karena dulu kan tidak ada KTP. Kalau pun ada, itu kan berdasarkan kira-kira," ujar Misnaya, 45, salah seorang cucu Arti.

Kini, Arti tinggal serumah dengan Misnaya. Arti menggantungkan hidupnya kepada keturunannya. Tapi, untuk mandi dan aktivitas ringan lainnya, Arti masih sanggup melakukannya sendiri. "Kalau hanya nyapu masih kuat, tapi tidak saya perbolehkan. Karena khawatir terjatuh," ujar Misnaya.

Arti saat ini sudah memiliki beberapa lapis turunan. Dari delapan anaknya, Arti mempunyai cucu, cicit, dan krepek (madura). Tak hanya itu, krepek-nya Arti juga sudah punya anak yang usianya sudah 17 tahun. "Berarti, Mbok (Arti) sudah neneknya nenek," ujar Totok Sudarsono, 40, salah seorang cicit Arti. (rud/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=158999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar