Rabu, 19 Mei 2010

Pembagian Sembako Oleh Walikota

Written by Administrator
Rabu, 19 Mei 2010

Hujan yang terus menerus mengguyur Kota Probolinggo selama dua hari yaitu hari Jumat (14/5) dan Sabtu (15/5), telah menyebabkan banjir sehingga masyarakat banyak yang terganggu aktifitasnya dikarenakan rusaknya perabot rumah tangga seperti sepeda motor dan banyak alat elektronik lain yang rusak.

Hari Senin (17/5) Pemerintah Kota Probolinggo mengadakan acara pembagian Sembako (Beras, Mie dan Minyak goreng) kepada masyarakat yang terkena bencana banjir. Acara ini dipimpin oleh Walikota Probolinggo H.M. Buchori didampinggi oleh beberapa kepala SKPD untuk membagikan Sembako secara gratis.

Pembagian Sembako ini diawali di Kelurahan Pilang yang bertempat di SD Pilang III, Jl. Armada Kel. Pilang Kota Probolinggo. Kemudian dilanjutkan ke Kelurahan Curahgrinting. Berdasarkan hasil survei oleh petugas kelurahan, jumlah masyarakat yang berhak mendapatkan Sembako sebanyak 300 KK (Kepala Keluarga).

Dalam program bantuan ini, Lurah Pilang, Nunuk Sriwidayati memberikan keterangan bahwa ini adalah komitmen Pemerintah Kota Probolinggo untuk membantu kesusahan rakyat yang tertimpa bencana banjir. Walikota Probolinggo, H.M. Buchori memberikan sedikit arahan, “bahwa kita sebagai manusia mahkluk yang bertakwa dan beriman kepada Allah SWT setelah mengetahui adanya bencana banjir ini harus dapat lebih sadar dan peduli terhadap lingkungan ini, dengan tidak membuang sampah disembarang tempat dan tidak mendirikan bangunan liar yang dapat menyebabkan pemukiman menjadi kumuh dan kotor dikarenakan sampah yang berserakan. Beberapa fasilitas umum yang rusak akibat banjir tersebut adalah tambak yang jebol dan keadaan jalan yang rusak terutama jalan di RT. 03, RW. 02 dan Flamboyan.

Kemudian acara dilanjutkan ke Jl. WR. Supratman No. 129 Kota Probolinggo, tepatnya di Kelurahan Mangunharjo. Menurut salah satu staf Kelurahan Mangunharjo ini, yaitu Imam Junaidi bagian Kesos (Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Masyarakat) menerangkan “Dari data yang didapat, jumlah masyarakat yang berhak untuk mendapatkan sembako ini sebanyak 388 KK. Sekitar Pukul 09.15WIB, Rombongan melanjutkan perjalanan ke Jl. Kyai Haji Hassan Genggong, Gg Melati No. 136A tepatnya rumah Ketua RT.02, RW. 05 yaitu, bapak Syamsul Laksono, sebagai pusat pembagian sembako untuk Kelurahan Sukoharjo serta perwakilan pembagian sembako untuk Kelurahan Jati. Dengan pengarahan dan himbauan yang sama oleh Walikota Probolinggo, diharapakan masyarakat selalau menjaga kebersihan bukan hanya dilingkungan dalam rumah saja tapi juga kebersihan lingkungan luar rumah. Di kelurahan Sukoharjo telah terdata sembako sebanyak 243 KK, sedangakan untuk Kelurahan jati sebanyak 259 KK.
Yang terakhir rombongan menuju Kelurahan Jrebeng Lor, Kec. Kedopok. Data yang didapat Jumlah sembako yang perlu dikeluarkan untuk menyumbang korban bencana banjir sebanyak 285 KK. Dari sekilas obrolan yang didapat dengan salah satu korban banjir, Wiwik Maswiyah, “bahwa kemarin dengan terjadinya bencana banjir telah memakan korban, fasilitas – fasilitas seperti jalan yang telah tergenang air yang cukup tinggi sekitar 1 – 1,5 Meter yang terjadi di RW.I mulai RT.1 sampai RT.8 dan saya mengharap keadaan dapat capat kembli normal seperti semula”.

Sumber: http://probolinggokota.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=237

Tidak ada komentar:

Posting Komentar