Selasa, 01 Juni 2010

Pelajar Singapura Berkunjung ke Sukapura

[ Selasa, 01 Juni 2010 ]
SUKAPURA - Sebanyak 18 pelajar dan 2 guru dari Anglo Chinese School Independent, Singapura berbagi ilmu dengan para pelajar di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, sejak Sabtu (29/5).

Mereka berbagi dengan para pelajar di tiga SDN, yakni SDN Sukapura 1, SDN Sapikerep 1 dan SDN Sapikerep 2. Selama tiga hari, mereka saling bertukar pengalaman dan budaya masing-masing.

Para murid dari tiga SD itu menyambut baik kedatangan mereka. Bahkan, kedatangan mereka disambut dengan berbagai macam penampilan seni dan budaya. Mulai seni tari, hingga tarik suara alias menyanyi.

Seperti yang dilakukan oleh murid-murid dari SDN Sukapura 1. Mereka menyabut kedatangan pelajar negara tetangga itu dengan iringan musik kentrungan. Lalu, dipersembahkan tari Bandeng Nener oleh murid-murid dari SD tersebut.

"Sebenarnya masih banyak yang ingin kita tampilkan. Tapi, jadual mereka sangat padat. Sehingga, tidak bisa ditampilkan semua," ujar Kepala SDN Sukapura 1 Nurchabibah.

Sedangkan para pelajar dari negeri singa itu, mengajak para murid SD tersebut bermain dan belajar bersama. Salah satunya, belajar bahasa Inggris dengan metode lebih mudah. Juga mengajak bermain outbond.

Kontan, berbagai permainan itu membuat para murid SDN Sukapura 1 sangat senang. Sebab, game-game yang dibawa para pelajar luar negeri itu tidak pernah mereka temui sebelumnya. "Tentu mereka (para murid SDN Sukapura 1, Red) sangat senang, karena game-game yang dipersembahkan belum pernah mereka temui," jelas Nurchabibah.

Dari SDN Sukapura 1, Senin (31/5) mereka melanjutkan perjalanan ke SDN Sapikerep 1 dan 2. Di sana, para pelajar itu lebih banyak menggelar bakti sosial. Misalnya, membantu menghias dinding sekolah, sampai menambah koleksi buku di perpustakaan sekolah.

Tidak hanya itu, mereka juga mengajak para murid SDN Sapikerep 1 belajar aerobic. Juga belajar mengenal budaya-budaya negara Singapura. "Banyak yang telah diperbuat mereka. Dari membantu menghias dinding sekolah, hingga belajar budaya," ujar Kepala SDN Sapikerep 1 M Musthofa.

Hiasan dinding yang mereka buat pun cukup apik. Semisal, gambar pemandangan luar angkasa, pemandangan di bawah laut dan sebuah kota yang terdapat di Singapura. "Tujuannya adalah untuk mengenalkan permainan-permainan kami. Dan, kami juga ingin belajar tentang budaya bangsa ini," ujar Albert Arron Pramono, ketua tim pelajar itu.

Menurutnya, para pelajar yang ikut ke Sukapura itu tidak semuanya dari Singapura. Tapi, berasal dari empat negara. Yakni, Singapura, China, Vietnam dan Indonesia. "Kalau yang dari Indonesia ada yang dari Bandung, Medan, Jakarta, Malang dan Surabaya. Mereka adalah para pelajar di Anglo Chinese School Independent Singapore," jelasnya. (rud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=161740

Tidak ada komentar:

Posting Komentar