Selasa, 05 Oktober 2010

Rencanakan Penambahan Pokmaswas

Reporter : Wawan
DRINGU - Saat ini Kabupaten Probolinggo baru memiliki 3 (tiga) buah pos Kelompok Masyarakat Waspada (Pokmaswas) yang meliputi daerah Dringu, Paiton dan Pulau Gili Ketapang. Ke depan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo berencana akan melakukan penambahan jumlah Pokmaswas. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi kepada Bromo Info.

“Tahun 2011 mendatang, kami berencana akan melakukan penambahan jumlah Pokmaswas di wilayah barat, tepatnya daerah Tongas. Penambahan pokmaswas ini berfungsi untuk mewadahi aspirasi para nelayan, terutama wilayah barat yang selama ini merasa kesulitan untuk mengadukan masalah yang dihadapinyam” ujarnya.

Menurut Dedy, program pokmaswas sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak awal tahun ini. Pokmaswas ini merupakan program dari pusat yang bertujuan untuk menampung aspirasi nelayan. “Selama ini nelayan merasa kebingungan mengadu jika ada masalah. Seperti saat terjadi kasus penggunaan jarring trawl dan pencurian alat tangkap ikan yang dikeluhkan nelayan dari Tongas,” jelasnya.

Lebih lanjut Dedy menjelaskan, pembentukan pos pokmaswas di wilayah Tongas sangat diperlukan oleh nelayan setempat. Namun rencana tersebut baru dapat terealisasi tahun 2011 mendatang. Pasalnya saat ini DPK menilai situasi wilayah Tongas masih belum kondusif. “Butuh waktu yang sangat lama untuk memantau situasi masyarakat nelayan di Tongas,” terangnya.

Dedy menambahkan, pokmaswas sangat berperan jika ada keluhan dari nelayan. Dalam pos pokmaswas ini juga diberikan radio komunikasi. “Saat ada laporan dari nelayan, maka kami bisa segera menindaklanjutinya,” tegasnya . (wan)

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4527&Itemid=92

Tidak ada komentar:

Posting Komentar