Selasa, 05 Oktober 2010

Pelatihan dan Pengenalan Website Bagi UKM

Reporter : Wawan
KRAKSAAN – Pengenalan produk-produk unggulan dari para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melalui website sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dilakukan supaya produk UKM ini tidak hanya dikenal di daerah sendiri, tetapi juga bisa dikenal di daerah lain. Sehingga nantinya bisa diakses oleh siapapun di seluruh penjuru dunia.

Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Kabid Bina Usaha Kecil dan Menengah pada Dinas Koperasi dan UKM Anang Budiarto saat membuka kegiatan pelatihan dan pengenalan website bagi UKM di Gedung Islamic Center (GIC) Kraksaan, Selasa (28/9). “Pemerintah Daerah akan terus berupaya untuk ikut mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh para UKM. Saat ini kami sudah menjalin kerja sama dengan Bromo FM, Bromo Info dan Bromo Telecenter,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Bappeda ini diikuti oleh 25 orang pelaku UKM. Dari jumlah tersebut, sebagian diantaranya sudah memasukkan datanya di website Bromo Telecenter yang terletak di GIC tersebut. Dalam pelatihan ini para UKM dikenalkan tentang pemanfaatan internet, pembuatan facebook dan email serta cara membuka website.

“Saat ini para pelaku UKM harus terus bisa membuat kreatifitas. Jangan sampai puas dengan produk dan pemasarannya. Tolong ikuti pelatihan ini dengan seksama, terutama bagaimana cara membuka internet,” jelasnya.

Tidak lupa Anang meminta supaya para pelaku UKM bisa memasukkan produk-produk unggulannya di www.bromotelecenter.com. “Tolong yang produknya belum difoto segera diambil fotonya dan dimasukkan di website Bromo Telecenter. Sehingga nantinya produknya bisa dikenal secara luas. Bagi yang sudah memasukkan produknya, bisa berbagi cerita kisah suksesnya sebelum dan sesudah produknya dimasukkan website kepada yang masih belum,” imbuhnya.

Sementara Kabid Pendataan dan Pelaporan pada Bappeda M. Heru Santoso mengatakan Pemerintah Daerah akan terus berupaya untuk memfasilitasi para UKM untuk memasang produk-produk unggulannya di website Bromo Telecenter. “Bromo Telecenter akan memfasilitasi bagaimana para UKM bisa mempromosikan produknya melalui website yang bisa dilihat oleh semua orang baik regional, nasional maupun internasional,” ujarnya.

Menurut Heru, dengan diekspos melalui website, akhirnya produk UKM ini nantinya bisa dikenal oleh orang secara luas. Dengan demikian nantinya akan ada persaingan yang sehat antar UKM. Sehingga para UKM akan berusaha untuk memberikan barang yang enak dan baik dengan harga yang murah.

“Selama ini pembelian dilakukan secara online di internet. Selanjutnya para pemesan akan berhubungan langsung dengan para UKM yang bersangkutan. Supaya sama-sama jalan, rencananya ke depan Bromo Telecenter yang akan mengelola transaksi tersebut,” jelasnya.

Heru mengharapkan supaya para UKM yang sudah memasukkan datanya di website dan sudah berhasil bisa memotivasi yang belum berhasil. “Dengan promosi di website Bromo Telecenter, diharapkan produksi dan pemasarannya meningkat. Sehingga nantinya pendapatan para pelaku UKM juga ikut meningkat,” pungkasnya.

Dalam pelatihan ini ada beberapa nara sumber yang dihadirkan. Yaitu, M. Heru Santoso dari Bappeda dengan materi pengertian dan pemanfaatan internet, Sulistyanto dari Bromo Telecenter dengan materi pembuatan facebook dan email serta Aryo Tulus dari Bromo Telecenter yang mengajarkan praktek cara membuka website. (wan)

Sumber: http://www.probolinggokab.go.id/site/index.php?option=com_content&task=view&id=4529&Itemid=92

Tidak ada komentar:

Posting Komentar