Senin, 06 September 2010

Nasdem Mulai Bergeliat di Lokal

[ Senin, 06 September 2010 ]
PROBOLINGGO - Ormas Nasdem (Nasional Demokrat) Jatim yang diketuai Hasan Aminuddin mulai bergeliat di tingkat lokal. Dua hari lalu misalnya, sejumlah orang yang disebut-sebut sebagai deklarator dan inisiator Nasdem Kabupaten Probolinggo menggelar bakti sosial dan buka bersama bareng PCNU setempat.

Agenda itu dihadiri langsung Ketua Nasdem Jatim Hasan Aminuddin yang juga bupati Probolinggo. Roadshow silaturahmi Nasdem di Kabupaten Probolinggo dimulai Sabtu (4/9) di rumah ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH Syaiful Hadi. Dari pantauan Radar Bromo acara bakti sosial dan buka bersama itu dimanfaatkan sebagai sarana pengenalan Nasdem.

Karena digelar bareng PCNU Kabupaten, tentu saja sasaran utamanya adalah warga Nahdlatul Ulama. "Nasdem itu bukan organisasi politik. Ini merupakan organisasi yang bergerak di kemasyarakatan. Kepengurusannya itu terdiri dari berbagai elemen. Hari ini kami tabayyun, karena saya sendiri adalah warga Nahdlatul Ulama," ujar Hasan Aminuddin dalam sambutannya.

Menurut Hasan, Nasdem sesuai dengan arah pemikiran mendiang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang merupakan salah satu tokoh NU. Nasdem dikatakan Hasan mengedepankan konsep pulralisme.

Ditemui usai acara, Hasan menjelaskan saat ini Nasdem Jatim tengah merintis pembentukan Nasdem di daerah-daerah. Di Kabupaten Probolinggo sendiri sudah terbentuk inisiator dan deklaratornya.

Uniknya anggota inisiator dan deklarator yang sebanyak 45 orang itu sendiri diisi oleh pentolan-pentolan tokoh ormas (organisasi masyarakat lainnya). Yakni KH Mahfud Samsul Hadi (ketua MUI Kabupaten Probolinggo) yang menjadi deklarator. Sedangkan KH Syaiful Hadi (ketua PCNU Kabupaten Probolinggo) dipilih menjadi ketua inisiatornya. Gandhi Hartoyo (ketua KPU kabupaten) dipercaya menjadi sekretaris inisiatornya.

Selain itu deklarator dan inisiator itu juga dipenuhi oleh tokoh agama dan tokoh dari berbagai elemen. Amin Hadar, politisi PPP ikut bergabung untuk mewakili etnis Arab dan H Edi mewakili PITI.

"Nantinya inisiator dan deklarator itu akan merancang susunan kepengurusan di tiap-tiap daerah. Selanjutnya susunan itu diajukan ke Nasdem Korda eks keresidenan dan Nasdem Jatim," jelas Hasan.

Dalam waktu sebulan ke depan, Nasdem Jatim menargetkan susunan kepengurusan di tiap-tiap daerah itu sudah terbentuk. Dari informasi yang dihimun Radar Bromo, untuk Kabupaten Probolinggo, nama Gandhi Hartoyo disebut-sebut sebagai kandidat kuat calon ketua Nasdem Kabupaten.

Terkait bergabungnya sejumlah tokoh-tokoh ormas lainnya, Hasan menjelaskan tidak menjadi masalah. "Keberadaan Nasdem tidak akan mengganggu ormas keagamaan yang sudah eksis. Misalnya seperti sekarang, PCNU yang menggelar buka bersama, Nasdem gelar pengobatan gratis," jelasnya. (mie/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=showpage&rkat=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar