Senin, 06 September 2010

Ketua MUI Tak Mau Calonkan Lagi

[ Senin, 06 September 2010 ]

KRAKSAAN - Pertengahan Oktober nanti Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo akan menggelar musyawarah daerah (Musda). Meski masih agak lama, namun Ketua MUI KH Mohammad Hasan Saiful Islam sudah menunjukkan sikap. Dia menegaskan tidak akan mencalonkan lagi jadi ketua MUI.

Nun Beng (panggilannya) mengatakan, saat ini dirinya hendak beristirahat dari MUI. "Saya ingin istirahat dulu," ujarnya. Namun bukan berarti dia tidak akan memperhatikan keberlangsungan MUI ke depan. Sebab menurut Saiful Islam, MUI memiliki posisi penting di masyarakat. "Ini organisasi perjuangan," tuturnya.

Selanjutnya Saiful Islam akan fokus berdakwah. Khususnya melalui pengajian-pengajian. Sebab kata dia, hal itu memberikan manfaat yang lebih nyata pada masyarakat. "Manfaatnya lebih terasa," tegasnya.

Soal calon penggantinya Saiful Islam mengatakan, semua kandidat sama-sama baik. Dia lantas menyebutkan dua nama, yakni KH Munir Kholili dari Sentong, Krejengan dan Habib Hasan Al-Muhdor dari Widoro, Kraksaan. "Semuanya baik," tegas Saiful Islam.

Selanjutnya adik kandung Ketua PCNU Jawa Timur KH Mutawakkil Alallah ini berharap, penggantinya akan lebih baik dalam memimpin MUI. Terutama dalam memberikan pengabdian pada semua pihak.

Sejauh ini kata Saiful Islam, MUI Kabupaten Probolinggo sudah melaksanakan tugas dengan baik. Meski terdapat kekurangan, namun itu justru untuk melecut kinerja pengurus periode selanjutnya. "Harus lebih baik dari kepemimpinan di masa saya. Jangan sampai mundur," tegasnya.

Sebab baginya, segmen MUI cukup luas. Termasuk dalam urusan politik dan pemerintahan. Karena itu dia berpesan, MUI tidak boleh berpihak pada kepentingan tertentu. Baik pada kepentingan kelompok, maupun perseorangan.

Sebab hal itu akan berdampak negatif. "MUI harus independen. Tidak berpihak," tegas Saiful Islam. Bahkan keberpihakan MUI menurut Saiful Islam hanya akan menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=178421

Tidak ada komentar:

Posting Komentar