Rabu, 22 September 2010

Jadi Lokasi Pemberangkatan Haji

[ Rabu, 22 September 2010 ]
Lokasi Wisata Religius Bentar Diberdayakan

PROBOLINGGO- Mulai tahun ini, lokasi wisata religius di Bentar, Kecamatan Gending bakal dijadikan tempat pemberangkatan jamaah haji Kabupaten Probolinggo.

"Jamaah haji akan diberangkatkan dari lokasi wisata miniatur Kakbah mulai tahun ini. Demikian pula saat jamaah datang dari tanah suci Mekkah," ujar Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Menurutnya, rencana itu sudah dirancang matang oleh Pemkab Probolinggo.

Bupati lantas membeber argumentasi dari rencana yang dikemukakannya. Sekitar tiga hari sebelumnya ia didampingi oleh Dinas Cipta Karya, Kabag Kesra serta Muspika Gending meninjau langsung lokasi wisata miniatur Kakbah.

Peninjauan bertujuan untuk melihat layak atau tidaknya lokasi wisata religius itu dijadikan tempat pelepasan jamaah haji. Ternyata tempat itu cukup layak," ujar Bupati yang kemarin mengenakan kemeja batik.

Secara lebih detail ia menjelaskan bus jamaah bisa langsung masuk ke lokasi wisata miniatur Kakbah. Sementara kendaraan keluarga jamaah bisa diparkir di sekitar lokasi hingga di tempat wisata pantai Bentar.

Dari Bentar, keluarga yang hendak bertemu dengan jamaah bisa berjalan menuju tempat pemberangkatan. Karena itu Bupati berharap para pedagang yang mengharap berkah dari banyaknya jamaah beserta keluarganya tidak mengganggu area parkir yang disiapkan.

Dikatakan Bupati, jamaah haji dari Kabupaten Probolinggo masuk dalam gelombang kedua. Gelombang kedua ini akan berangkat pada 7 November mendatang. "Berarti jamaah Probolinggo akan langung menuju Mekkah, tidak ke Madinah," ujarnya.

Apakah rencana itu tidak berpotensi menimbulkan macet? "Kalau masalah itu saya telah berkonsultasi langsung dengan ahlinya. Insyaallah tidak akan sampai macet," pungkasnya. (qb/nyo)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=180417

2 komentar:

  1. apa ada jaminan tidak akan macet....?.siapa yang tanggung jawab kalau jamaah terlambat,karena jalan macet.bos,budaya sini yang mau haji seorang yang ngantar sekampung....kayak nya nggak masuk akal kalau tidak macet.

    BalasHapus