Rabu, 22 September 2010

Bupati Minta Petani Tembakau Sabar

[ Rabu, 22 September 2010 ]
PAJARAKAN - Banyaknya tembakau yang terkena hujan membuat banyak kalangan prihatin. Tak terkecuali Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Menurutnya, tak banyak yang bisa dilakukan kecuali berpasrah pada Allah SWT.

Pesan itu disampaikan Hasan saat memberikan sambutan pada haul almarhum al-arif billah KH Mohammad Hasan, Senin (20/9). Kegiatan yang berlangsung di Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo berlangsung hidmat. Selain Bupati, haul dihadiri banyak warga. Diperkirakan jumlahnya mencapai sekitar 2 ribu orang.

Dalam sambutannya Hasan mengakui, hujan adalah faktor alam. Kedatangannya sulit diperkirakan. Bahkan pada siang hari, saat matahari terang, hujan bisa turun. "Beberapa hari lalu begitu. Terang, tapi turun hujan," tutur Hasan.

Hasan mengaku trenyuh dengan kondisi itu. Apalagi melihat tembakau petani rusak. "Banyak orang menangis, tak lain karena turunnya hujan. Tembakaunya rusak," keluhnya.

Dia sendiri mengaku selalu memantau perkembangan tembakau. Karena itu meski sering hujan, pihaknya tetap berupaya menyenangkan petani. Caranya kata Hasan, berdiskusi dengan gudang-gudang yang ada di Kabupaten Probolinggo. Sebab, gudang menurut Hasan termasuk penentu kebijakan tembakau.

"Saya berharap gudang menaikkan harga tembakau. Dan tidak mempermainkan harga tersebut. Alhamdulillah ada hasilnya. Sekarang harga tetap tinggi, bahkan bisa lebih tinggi lagi," ujarnya serius.

Karena itu Hasan mengimbau kepada masyarakat petani tembakau agar bersabar menghadapi hujan yang tak menentu. Lebih-lebih menurutnya, hujan adalah pemberian dari Allah SWT. "Jangan terlalu mengeluhkan hujan. Pasti ada hikmah di balik seringnya hujan turun. Kita harus bersabar dan berdoa kepada Allah SWT," imbuhnya.

Haul sendiri diawali dengan pembacaan salawat oleh grup hadrah Ponpes Zaha sekitar pukul 08.30 WIB. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Habib Hadi al-Muhdor dari Alas Tengah, Besuk. Lalu pembacaan dibaiyah dipimpin Habib Abdurrahman Ba'ali, juga dari Alas Tengah, Besuk.

Kemudian, sambutan pengasuh ponpes disampaikan KH Mohammad Hasan Saiful Islam. Barulah sambutan dari Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Usai sambutan dilanjutkan pembacaan Yasin oleh KH Munir Holili dari Sentong, Krejengan. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=180402

Tidak ada komentar:

Posting Komentar