Rabu, 22 September 2010

HUT, TNI Bersihkan Stadion

[ Rabu, 22 September 2010 ]
KRAKSAAN - Ada pemandangan menarik di hutan Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Beberapa anggota TNI melakukan karya bakti. Mereka bersih-bersih di sekitar stadion Gelora Merdeka, Kraksaan. Bukan tanpa alasan, acara itu dilakukan untuk menyambut HUT ke 65 TNI yang jatuh setiap 5 Oktober.

Kegiatan itu sendiri dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Sekitar 75 personel TNI dilibatkan. Yakni, terdiri dari terdiri dari satu peleton anggota Zipur dan satu peleton anggota Kodim 0820 Probolinggo.

Koordinator kegiatan Kapten Infanteri Slamet Riadi mengatakan, beberapa unsur jajaran TNI juga bergabung. Yakni, unsur Benglap (bengkel lapangan), Minvet (administrasi veteran) dan Tebbek (tempat perbekalan). Juga ada sejumlah petugas kebersihan dari Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo.

Dikatakan Kapten Slamet, Kodim 0820 memang berkoordinasi dengan Pemkab Probolinggo melalui BLH. Sedangkan karya bakti menurutnya sesuai dengan delapan wajib pokok TNI. "Ini (karya bakti) bentuk implementasi delapan wajib itu," jelas Slamet.

Slamet menerangkan, karya bakti di stadion dilakukan agar pemandangan terlihat elok. Sebab menurutnya, areal sekitar stadion sering dimanfaatkan sejumlah masyarakat untuk berbuat mesum. Padahal itu merugikan kepentingan umum. "Masyarakat kok kurang nyaman berada di sekitar sini (stadion)," katanya.

"Di situ kesannya rimbun dan angker. Ternyata di dalam malah bersih. Mungkin dipakai untuk mesum. Sekarang sudah dibersihkan. Yang penting masyarakat bisa nyaman berada di sekitar stadion ini," imbuhnya sambil menunjuk lokasi yang dimaksud.

Selain karya bakti, sejumlah rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI juga dilakukan. Hari ini kata Slamet, Kodim 0820 menggelar donor darah. Sementara sore harinya ada pemberian bantuan untuk yayasan panti asuhan di sejumlah tempat. Dan malam harinya digelar istighotsah.

Tak hanya itu saja. Rencananya besok, Kodim melaksanakan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Probolinggo. "Baru kemudian dilaksanakan upacara. Tempatnya nanti di lapangan Kodim," tutur Slamet.

Dikonfirmasi Radar Bromo, Kepala BLH Dewi Korina mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan itu. "Ini sebagai contoh dan panutan bagi masyarakat," ujar Dewi melalui ponselnya.

Menurut Dewi, pihaknya sering bekerja sama dengan berbagai kalangan. Termasuk dengan TNI. Utamanya di bidang kebersihan. Tujuannya kata Dewi, tak lain untuk meningkatkan kesadaran hidup bersih. "Apalagi Kraksaan sudah meraih piala Adipura," tuturnya.

Dewi berharap, masyarakat bisa meniru langkah yang dilakukan personel TNI itu. Lebih-lebih kata Dewi, kebersihan bukan hanya tanggung jawab petugas. Namun tanggung jawab bersama. "Kesadaran masyarakat tetap hal utama yang harus digerakkan," pungkas Dewi. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=180404

Tidak ada komentar:

Posting Komentar