Kamis, 19 Agustus 2010

Upacara Proklamasi, 25 Pingsan

[ Rabu, 18 Agustus 2010 ]
KRAKSAAN - Kemarin (17/8), HUT ke-65 Kemerdekaan RI di Kabupaten Probolinggo dilaksanakan di Alun-alun Kraksaan. Ditandai dengan upacara detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih.

Seperti jadwal di lokasi lain, upacara kemarin dilangsungkan sekitar pukul 10.00 selama sekitar 30 menit. Yakni, hingga sekitar pukul 10.30 WIB. Sebagai inspektur upacara, yakni Bupati Probolinggo Hasan Aminuddin. Sementara komandan upacara, yakni Danramil Leces Kapten Inf. Denny Novianto. Lalu, perwira upacara yakni Kepala Bakesbangpol kabupaten Linmas Soeparwiyono.

Meski berlangsung hidmat, upacara diwarnai dengan sejumlah insiden. Selama upacara, puluhan peserta pingsan. Total ada 25 peserta yang pingsan. Ini bisa dilihat di pos PMI yang tersedia di lokasi tersebut.

Bahkan ada seorang peserta yang harus dilarikan ke RSUD Waluyo Jati Kraksaan. "Mungkin karena sedang puasa, sementara pagi kan tidak mungkin sarapan," kata Siswanur Arifin, koordinator PMI.

Dalam pantauan Radar Bromo, upacara kemarin diikuti seluruh pejabat Muspida dan seluruh anggota DPRD. Juga tampak barisan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), TNI, POLRI, karyawan/karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo. Para pelajar dan mahasiswa juga mengikuti upacara di bawah terik matahari itu.

Selama upacara, peserta menghadap ke Utara. Sementara tempat duduk undangan dibagi di tiga titik. Di paseban tengah ada Bupati Probolinggo Hasan Aminuddun, Wabup Salim Qurays, Muspida, Ketua DPRD Ahmad Badawi dan sejumlah anggota DPRD. Juga dihadiri Sekda Kusnadi beserta jajarannya, LVRI, purnawirawan TNI/Polri.

Paseban Barat diisi pejabat dari instansi pemerintah. Sementara paseban Timur diisi para perwira Polri, tokoh masyarakat, maupun tokoh agama.

Begitu jarum jam menunjuk pukul 10.00 WIB, sirine dan bedug masjid dibunyikan. Menandakan peringatan proklamasi kemerdekaan. Selanjutnya dibacakan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Ahmad Badawi.

Begitu selesai, dilakukan pengibaran bendera merah putih. Pengibaran bendera dilaksanakan oleg 70 anggota Paskibraka Kabupaten Probolinggo. Mereka membentuk 3 formasi.

Barisan pertama berjumlah 17 orang. Barisan kedua berjumlah 8 orang. Sementara barisan ketiga berjumlah 45 orang, sekaligus sebagai barisan terakhir. Masing-masing barisan menunjukkan tanggal, bulan, maupun tahun kemerdekaan RI.

Anggota Paskibraka tersebut adalah hasil seleksi dari SMA/MA se-Kabupaten Probolinggo. Bertugas sebagai pemegang bendera, yakni Ariska Dewi Larasati dari SMAN 1 Gending. Di sisi kanan, Karisma Galih dari SMAN 1 Dringu. Sementara sebelah kiri, Ragil Farisi dari MA NU Kraksaan. Sedangkan komandan pasukan Paskibraka yakni Viand Gilang Ramadhan dari SMA Tunas Luhur Paiton. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=175418

Tidak ada komentar:

Posting Komentar