Senin, 09 Agustus 2010

Ketoprak Cilik Peringati Agustusan

[ Senin, 09 Agustus 2010 ]
PROBOLINGGO-Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo mempunyai cara tersendiri untuk memperingati HUT kemerdekaan RI. Selain menggelar lomba-lomba, juga digelar pertunjukan ketoprak untuk menyemarakkan acara.

Gelaran ketoprak itu digelar Jumat (6/8) malam di halaman kantor kecamatan Dringu. Malam itu halaman kantor kecamatan disulap menjadi panggung mini yang sudah di desain untuk gelaran ketoprak.

Ketoprak yang ditampilkan sendiri sedikit berbeda dengan biasanya. Karena yang main adalah anak-anak yang tergabung dalam sanggar Ketoprak Kecil Sekar Tanjung SDN Randuputih 2. Mereka tampil membawakan lakon Prahara Kraton Mataram yang merupakan beberapa penggalan cerita tentang petualangan Trunojoyo.

"Kami ingin memberikan hiburan yang berbeda dari biasanya tapi tetap disukai masyarakat. Selain itu pagelaran ini juga untuk pengenalan budaya kepada anak sejak usia dini," ujar Camat Dringu Sugito.

Meskipun masih anak-anak, penampilan sanggar ketoprak kecil Sekar Tanjung juga tidak kalah. Mereka membawakan ketoprak dalam bahasa Madura yang cukup lucu. Para penonton pun dibuat terkesima. Buktinya, penonton tetap bertahan sampai akhir acara sekitar pukul 23.00.

Kelompok Ketoprak Sekar Tanjung ini sebenarnya baru terbentuk awal tahun 2010. Pemrakarsanya adalah camat Dringu Sugito bersama Kepala Sekolah SDN Randuputih 2 Sujoko. "Anak-anak setempat memang punya bakat seni. Selain itu mereka juga sudah terbiasa dengan kesenian ketoprak yang sering dimainkan di lingkungannya," jelas Sujoko.

Sujoko menjelaskan, cikal bakal beridirinya grup tersebut berawal dari dimasukkannya kesenian daerah sebagai materi pelajaran pengembangan diri di sekolah. Mereka berlatih setiap Sabtu.

Rekrutmen pemain ketoprak pun tak mengalami kesulitan sebab kebanyakan siswa kelas 3 sampai kelas 6 ikut bergabung. "Ternyata anak-anak mudah untuk diarahkan dan dilatih. Justru pengetahuan mereka tentang sejarah yang sering menjadi lakon ketoprak lebih luas daripada pemain ketoprak dewasa," imbuh Sujoko.

Sampai kini ketoprak Sekar Tanjung sudah beranggotakan sekitar 70 personel. Itu terdiri dari 32 pemain, 8 orang tenaga dekorasi, 10 pemain musik dan 10 pendamping yang notabene adalah guru-guru SDN Randuputih 2. (mie/yud)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=showpage&rkat=4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar