Senin, 09 Agustus 2010

Jatim Tambah Kuota Listrik Prabayar

Senin, 9 Agustus 2010

PROBOLINGGO - SURYA - Pelan tapi pasti, pelanggan listrik prabayar di Jatim terus mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, saat ini jumlahnya 25.000 pelanggan atau telah mencapai target dalam tahun ini.

Corporate Speaker PT PLN (Persero) Distribusi Jatim Agus Widayanto mengatakan, tingginya minat pelanggan mendaftar atau migrasi ke sistem prabayar karena dipicu gencarnya sosialisasi ke pasar energi listrik di wilayahnya, selain mudahnya pemakaian listrik bersistem ‘strum’ isi ulang itu.

“Jumlah ini mengalami lonjakan dalam dua bulan terakhir. Pasalnya, pada pertengahan Juni lalu masih kisaran 20.000 pelanggan prabayar,” kata Agus, di sela Media Gathering di Probolinggo, Minggu (8/8).

Karena pencapaian itu, saat ini PLN Jatim tengah mengajukan penambahan kuota untuk listrik prabayar ke PLN Pusat paling tidak hingga tahun ini. Hanya saja, dia belum bisa memperkirakan target atau kuota dalam tahun ini. “Kami masih menunggu jawaban dan kalkulasi dari kantor pusat,” ungkapnya.

Mengenai pelanggan prabayar, Agus menyebut, cukup merata di semua kabupaten/kota. Hanya saja, pelanggan terbesar masih di daerah Sidoarjo, Malang, Bojonegoro, Surabaya Selatan, serta Madura.

Seiring dengan kian banyaknya jumlah pelanggan prabayar, pihaknya terus mengoptimalkan loket-loket penjualan ‘strum’ di semua wilayah agar pelanggan bisa terlayani.

Secara nasional, Agus menyebut, saat ini pelanggan listrik prabayar sekitar 340.000 pelanggan. Dari jumlah itu, 320.000 berada di kawasan Jawa, Bali, dan Madura. PLN membidik 1 juta pelanggan hingga akhir 2010.

Terkait elektrifikasi di Jatim, Agus menyebut, sekitar 31 persen penduduk Jatim belum terpenuhi aliran listrik. Alasannya, selain karena di daerahnya belum teraliri listrik, warga yang bersangkutan bisa juga belum memanfaatkan listrik. n dio

Sumber: http://www.surya.co.id/2010/08/09/jatim-tambah-kuota-listrik-prabayar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar