Jumat, 11 Juni 2010

Kasda Probolinggo Sebesar Rp 12 Miliar Nyaris Dibobol

Jumat, 11/06/2010 13:40 WIB
Sugianto - detikSurabaya

Probolinggo - Kas daerah (Kasda) Kota Probolinggo nyaris kebobolan uang senilai Rp 12 milyar yang dilakukan oleh orang tak dikenal. Aksi pembobolan dana milik pemerintah daerah itu dengan modus memalsukan dokumen Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D).

Beruntung, petugas Bank Jatim tidak langsung mencairkan dana tersebut. Petugas Bank Jatim curiga dengan pengajuan dana itu pasalnya pemkot tidak pernah mencairkan dana sebesar itu. Lalu petugas Bank Jatim melaporkan hal itu kepada Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Probolinggo, Imam Suwoko ketika dikonfirmasi membenarkan terjadinya modus aksi pembobolan itu.

"Bahkan pelakunya telah memalsu tandatangan saya dan memalsu paragraf para kasubdin untuk melakukan pencairan dana tersebut," kata Imam Suwoko kepada sejumlah wartawan di Pemkot Probolinggo.

Imam menjelaskan, modus aksi pembobolan itu dibuat sendiri oleh pelakunya dengan mengatasnamakan CV Altor Jaya dengan atas nama rekening Didik Kurniawan. "Dana itu katanya akan dibuat dana pengerjaan konstruksi jalan," ungkap Imam.

Lalu siapa pelaku dibalik pemalsuan dokumen untuk membobol dana kasda tersebut? Imam sendiri tidak menjelaskan. Namun informasi di lapangan menyebutkan, ada dugaan kuat jika pelaku pemalsuan dokumen untuk mencairkan dana kasda pemkot dengan nilai milyaran rupiah itu diduga kuat melibatkan orang dalam.

Meski kasus pemalsuan dokumen untuk membobol dana kasda pemkot itu sempat menghebohkan kalangan PNS, namun hingga saat ini kasus itu belum dilaporkan ke polisi.

Sementara itu, Walikota Probolinggo, HM Buchori mengatakan, kasus itu akan dilakukan penyelidikan secara internal untuk mengungkap siapa pelakunya. "Kalau memang nanti kasus pemalsuan dokumen itu melibatkan PNS, sanksinya nanti akan langsung dilakukan pemecatan," tandas Buchori.

(wln/bdh)

Sumber: http://surabaya.detik.com/read/2010/06/11/134058/1376285/475/kasda-probolinggo-sebesar-rp-12-miliar-nyaris-dibobol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar