Selasa, 04 Mei 2010

SMK Cocok untuk Besuk

[ Selasa, 04 Mei 2010 ]

Pendidikan gratis sejauh ini berlaku untuk sekolah tingkat dasar dan menengah. Namun belum berlaku untuk tingkat atas. Padahal, sangat banyak siswa SMA dan sederajat yang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Terutama di Kecamatan Besuk.

Menyikapi hal itu, Camat Besuk AR Qomarullah berpendapat, perlu dibangun SMK di wilayah kerjanya. Ditinjau dari sisi ekonomi menurut Qomarullah, pendirian SMK di Besuk sangat besar peluangnya. Sebab, kebanyakan warga Besuk adalah warga menengah ke bawah secara ekonomi.

Keyakinan Qomarullah tersebut juga berangkat dari keinginan masyarakat. Menurutnya, masyarakat terutama masyarakat miskin lebih memilih menyekolahkan anaknya ke SMK. "Karena orientasinya jelas (baca: kerja)," ujarnya.

Qomarullah lantas menjelaskan, SMK mampu membuka peluang bagi siswa tidak mampu untuk mengembangkan potensinya. "Jika tidak melanjutkan, siswa bisa membuka lapangan kerja sendiri. Jika mampu melanjutkan, maka itu lebih baik," terangnya.

Untuk mewujudkan cita-cita itu, pihak kecamatan Besuk berupaya membangun komunikasi yang baik dengan lembaga pendidikan swasta di Besuk. Tujuannya, mendorong mereka untuk mendirikan SMK. "Sejauh ini sudah kami upayakan," tutur Qomarullah.

Namun bukan berarti upaya itu tanpa hambatan. Beberapa pemilik sekolah menurut Qomarullah, sebenarnya juga menginginkan hal yang sama. Namun masih agak ragu. "Terutama karena dana operasionalnya," pungkasnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=156407

Tidak ada komentar:

Posting Komentar