Kamis, 06 Mei 2010

Optimis Pertahankan Adipura

[ Kamis, 06 Mei 2010 ]
Sudah Masuk Nominator 2010

KRAKSAAN - Tahun ini Kota Kraksaan kembali berpeluang mendapat penghargaan Adipura. Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Probolinggo Dewi Korina memastikan, Kraksaan sudah terjaring sebagai nominator peraih Adipura 2010 untuk kategori kota kecil.

Untuk terpilih sebagai nominator kata Dewi, sebuah kota harus melalui tiga kali penilaian. Pada penilaian pertama dan kedua, kota Kraksaan berhasil lolos. "Jadi sekarang tahap ketiga. Yakni verifikasi," ujarnya.

Agenda verifikasi sendiri dilangsungkan sejak akhir April sampai pertengahan Mei 2010. "Tapi sejauh ini kota Kraksaan masih belum," lanjut Dewi.

Meski demikian menurutnya, semua jenis persiapan sudah dilakukan BLH sebagai leading sector untuk meraih penghargaan Adipura. Menurut Dewi, yang belum dilaksanakan hingga saat ini adalah verifikasi itu sendiri.

Biasanya kata dia, verifikasi dilakukan secara mendadak oleh kementerian lingkungan hidup (KLJ). "Makanya setiap hari kita siaga. Khawatir datang mendadak," imbuh perempuan berjilbab ini.

Menurut Dewi, ada 13 titik lokasi penilaian yang akan dilakukan KLH dalam verifikasi ini. Yakni perkantoran, pantai wisata, sekolah, puskesmas, rumah sakit, pasar, perairan terbuka, jalan, taman kota, hutan kota, perumahan dan tempat pembuangan akhir.

Dewi menjelaskan, secara umum penilaian Adipura dilakukan dengan pertimbangan kebersihan, keteduhan dan keindahan. "Sejauh ini unsur-unsur tersebut sudah terpenuhi," ujarnya.

Jika tahun ini penghargaan Adipura kembali diraih, maka berarti kota Kraksaan bisa merebut Adipura selama tiga tahun berturut-turut. Sebelumnya, kota Kraksaan mendapat Adipura pada 2008 dan 2009.

Upaya untuk mempertahankan Adipura sendiri sudah disiapkan pemkab sejak meraih Adipura tahun lalu. Dewi menilai, faktor terpenting sebenarnya bukan mengejar Adipura.

Namun, upaya menjaga kebersihan dan membangun kesadaran masyarakat akan kebersihan. "Jadi bukan karena momentum Adipura semata. Kebersihan itu berlangsung setiap saat," tuturnya.

Sejauh ini Dewi menilai, semua pihak sudah berpartisipasi untuk menjaga kebersihan Kraksaan. Hal ini menurutnya cukup membantu kesiapan Kraksaan menyongsong Adipura. Berangkat dari hal itu, Dewi optimis bisa meraih penghargaan Adipura lagi. "Insya Allah bisa diraih lagi," lanjutnya. (eem/hn)

Sumber: http://www.jawapos.co.id/radar/index.php?act=detail&rid=156826

Tidak ada komentar:

Posting Komentar