Rabu, 09 Juni 2010

SBY Anugerahkan Kalpataru ke 12 Orang

08/06/2010 - 12:05
Peringatan Hari Lingkungan Hidup
Windi Widia Ningsih
Presiden SBY

INILAH.COM, Jakarta - Dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2010, Presiden SBY memberikan penghargaan Kalpataru kepada 12 orang. Presiden juga memberikan penghargaan Adipura kepada 140 kota dan penghargaan Adiwiyata.

Penghargaan tersebut diberikan oleh presiden di Istana Negara, Jakarta, Selasa (8/6).

Pemberian penghargaan Kalpataru kepada 12 orang, dikategori menjadi 4 macam yaitu pertama kategori Perintis Lingkungan diberikan kepada 5 orang yakni Djohan Riduan Hasan Keluargahan Girimaya Kota Pangkal Pinang Bangka Belitung, Mateus Bere Bau Desa Kewar Kabutpaten Belum Prov Nusa Tenggara Timur, Mahyiddin Kelurahan Aneuk Laot, Kota Sabang, NAD, Kholifah Desa Kedungringin Kabupaten Pasuruan Jawa Timur dan Ujang Solikhin Desa Kertasari Kecamatan Ciamis Jawa Barat.

Kategori kedua Pengabdi Lingkungan diberikan kepada Yohanes Ebo Kelurahan Waiwerang Kabupaten Flores Timur, NTT dan Sumadi Desa Warujayeng Kabupaten Nganjuk Provinsi Jawa Timur. Katergori ketiga Penyelamat Lingkungan diberikan kepada LSM PILIHI Dairi pimpinan Hasoloan Manik Kecamatan Sitinjo Sidikalang Kabupaten Dairi-Sumut, KPSA Puspita Hijau didirikan oleh Masdjidin dari Dusun Sulek Timur, Desa Sulek Kabupaten Bondowoso-Jawa Timur dan LSM Rekonvasi Bumi pimpinan Rahadian dari Keluergahan Tembong Kota Serang-Banten.

Sementara kategori terakhir tentang Pembina Lingkungan diberikan kepada Endang Sulistyawati guru Biologi dan pendidikan lingkungan hidup SMAN 2 Probolinggo-Jawa Timur dan Prof H Sudijono Sastroatmodjo Keluaganan Sampangan Kota Semarang-Jawa Tengah.

Penghargaan kedua adalah penghargaan Adipura dimana penghargaan ini diberikan kepada beberapa kota yang lebih bersih, teduh dan nyaman. Hal ini ditunjukkan dengan penginkatan sebesar 11 persen jumlah kota yang menerima penghargaan Adipura dari tahun 2009 jumlah 12 kota menjadi 140 kota pada tahun 2010.

Sementara Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan untuk membangun sekolah dan berbudaya lingkungan hidup. Tahun 2010 ini Dewan Pertimbangan Penghargaan Adiwiyata yang diketuai Prof Dr. H Arief Rahman M.Pd telah menetapkan 25 sekolah Adiwiyata Mandiri, 67 Sekolah Adiwiyata dan 37 Calon Sekolah Adiwiyata. [win/mut]

Sumber: http://inilah.com/news/read/politik/2010/06/08/585321/sby-anugerahkan-kalpataru-ke-12-orang/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar